Prayogo, Erwin Eko (2014) Pengaruh gaya belajar dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo / Erwin Eko Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prayogo Erwin Eko. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. SE. MP. Ak. (II) Drs. Prih Hardinto M. Si. Kata Kunci Gaya Belajar Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Gaya belajar merupakan gaya apa yang tepat digunakan oleh siswa untuk mempermudah saat belajar dan mengelola informasi serta menghindari kesulitan belajar. Gaya belajar terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik. Dengan mengetahui gaya belajar yang dimiliki maka siswa mengolah informasi dengan optimal sehingga akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kebiasaan belajar merupakan kegiatan belajar yang dilakukan berulang-ulang. Dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka secara sederhana hasil belajar yang didapat siswa akan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo (3) pengaruh gaya belajar dan kebisaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo dan (4) variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Probolinggo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan rancangan deskriptif. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat eksplanasi yaitu untuk menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa siswa. Kedua terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa. Ketiga terdapat pengaruh secara bersama-sama gaya belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa. Keempat variabel yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa yaitu kebiasaan belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) SMA Negeri 1 Probolinggo diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di dalam sekolah. (2) Guru diharapkan lebih mampu untuk memahami keadaan dan kemampuan siswa yang berbeda-beda serta diharapkan mampu untuk selalu memberikan persuasi tentang kebiasaan belajar yang baik kepada siswa. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperluas indikator dan metode analisis serta mengungkapkan variabel lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39293 |
Actions (login required)
View Item |