Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas X semester gasal di SMAN 1 Bululawang tahun ajaran 2013/2014 / Dwi Latifiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas X semester gasal di SMAN 1 Bululawang tahun ajaran 2013/2014 / Dwi Latifiana

Latifiana, Dwi (2014) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas X semester gasal di SMAN 1 Bululawang tahun ajaran 2013/2014 / Dwi Latifiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latifiana Dwi. 2014. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas X Semester Gasal Di Sman 1 Bululawang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (2) Ro ufah Inayati M.Pd Kata Kunci Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Hasil Belajar dan Motivasi belajar. Perbaikan mutu dan kualitas pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor yang menentukan keberhasilan. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar individu. Faktor yang berasaldari luar salah satunya adalah kondisi sosial ekonomi orang tua sedangkan faktor dari dalam salah satunya adalah motivasi belajar. Faktor-faktor tersebut yang digunakan peneliti sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependennya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Bululawang (2) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X di SMAN 1 Bululawang (3) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksplanasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Bululawang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 70 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan program komputer SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Bululawang dengan menyumbang sebesar 0 419 (2) Motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Bululawang dengan menyumbang sebesar 0 474 (3) Kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh langsung terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Bululawang dengan menyumbang sebesar 0 492 dan (4) Pengaruh tidak langsung kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 0 690.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39292

Actions (login required)

View Item View Item