Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang ditimbulkan oleh faktor perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa (pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Malang 1) / Seprian Eko Rachmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang ditimbulkan oleh faktor perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa (pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Malang 1) / Seprian Eko Rachmanto

Rachmanto, Seprian Eko (2014) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang ditimbulkan oleh faktor perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa (pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Malang 1) / Seprian Eko Rachmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmanto Seprian Eko. 2014. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Yang Ditimbulkan Oleh Faktor Perhatian Orang Tua Terhadap Proses Belajar Siswa (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN Malang 1). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo. S.Th. M.Div. M.E. Pembimbing II Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Upaya Guru Kesulitan Belajar Perhatian Orang Tua Perhatian orang tua merupakan faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar siswa. Namun apabila orang tua kurang memberikan perhatian terhadap proses belajar siswa maka siswa akan mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini dapat diketahui dari nilai hasil pembelajaran siswa yang kurang baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peran dari guru merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang dikarenakan kurangnya perhatian orang tua. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa yang yang dialami siswa kelas XI IPS dalam belajar mata pelajaran ekonomi yang dikarenakan faktor perhatian orang tua serta mendekripsikan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonmi yang ditimbulkan oleh faktor perhatian orang tua di MAN Malang 1. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi angket wawancara dan dokumentsi. Penelitian ini dilakukan di MAN Malang 1. Responden terdiri dari 60 siswa untuk angket dan untuk wawancara 3 siswa 2 guru mata pelajaran ekonomi dan 1 guru BK. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi yang dialami siswa karena faktor perhatian orang tua meliputi kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ekonomi kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan nilai mata pelajaran ekonomi yang rendah. Sedangkan peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan pendekatan terhadap siswa memberikan motivasi dan semangat belajar siswa memberikan bantuan terhadap proses belajar siswa memberikan bimbingan belajar kepada siswa di luar kelas melakukan pendekatan terhadap orang tua siswa dan menjalin hubungan baik antara guru dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39291

Actions (login required)

View Item View Item