Kepribadian yang b aik untuk keefektifan kepemimpinan kepala sekolah (studi multisitus di SMP Negeri 11 Malang dan SMP Negeri 18 Malang) / Vonny Angeli Sudharta - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepribadian yang b aik untuk keefektifan kepemimpinan kepala sekolah (studi multisitus di SMP Negeri 11 Malang dan SMP Negeri 18 Malang) / Vonny Angeli Sudharta

Sudharta, Vonny Angeli (2018) Kepribadian yang b aik untuk keefektifan kepemimpinan kepala sekolah (studi multisitus di SMP Negeri 11 Malang dan SMP Negeri 18 Malang) / Vonny Angeli Sudharta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Sudharta Vonny Angeli. 2017. Kepribadian Yang Baik Untuk Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Multi Situs di SMP Negeri 11 Malang dan SMP Negeri 18 Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Dr. H. Sultoni M.Pd. Kata Kunci kepribadian keefektifan kepemimpinan kepala sekolah Kepribadian merupakan sifat yang melekat pada individu yang kemudian dapat dipengaruhi oleh lingkungan dimana dalam kepemimpinan kepribadian memiliki berbagai unsur. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Akhlak yang dimiliki kepala sekolah (2) Integritas kepribadian kepala sekolah (3) Keinginan kepala sekolah dalam pengembangan diri (4) Keterbukaan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah (5) Pengendalian diri kepala sekolah dalam mengatasi permasalahan di SMPN 11 dan SMPN 18 Malang. Dimana hal tersebut guna mengetahui keefektifan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini masuk dalam kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik multi situs. Metode yang digunakan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala SMPN 11 dan SMPN 18 Malang dengan sumber kepala sekolah wakil kepala sekolah tata usaha guru dan siswa. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi penyajian data penarikan simpulan dan verifikasi Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Kepala sekolah memiliki perilaku yang baik sesuai dengan indikator kompetensi kepribadian kepala sekolah. (2) Kepala SMPN 11 dan 18 Malang memiliki integritas kepribadian baik yang ditunjukan dengan sikap kejujuran keadilan disiplin dll. (3) Dalam pencapaian tujuan kepala sekolah membuat program yang sudah direncanakan matang-matang dan dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga tiap tujuan tercapai. (4) Kepala sekolah juga menunjukan keterbukaan dalam melaksanakan segala tupoksi kepala sekolah baik pendapat maupun hal kepedulian terhadap semua anggota sekolah. (5) Kepala sekolah memiliki pengendalian diri yang baik dalam pemecahan masalah artinya tidak gegabah. Saran yang diberikan untuk pihak terkait antara lain (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan tiap kkompetensi yang dimiliki (2) Kepala SMPN 18 Malang dan SMPN 11 Malang dapat introspeksi diri dan memberikan pengalaman terkait dengan kesuksesan dalam kepemimpinannya (3) kepala sekolah lain diharapkan dapat mencontoh perilaku yang ditunjukan oleh Kepala SMPN 11 dan SMPN 18 Malang (4) orang tua mengetahui kompetensi yang baik untuk kepala sekolah (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan setiap tahun bisa mengidentifikasi sacara berkala dan mendetail mengenai perilaku dan prestasi kepala sekolah sebagai pemimpin (6) peneliti lain disarankan untuk bisa meneruskan penelitian untuk aspek bakat dan minat kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item