Pengembangan media pembelajaran komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Batu / Heni Purwa Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Batu / Heni Purwa Pamungkas

Pamungkas, Heni Purwa (2014) Pengembangan media pembelajaran komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Batu / Heni Purwa Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMAN 1 BATU. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si. (2) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Komik Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan maka proses belajar dituntut untuk lebih kreatif lagi. Guru sebagai tenaga pendidik dituntut untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk menciptakan media pembelajaran baru yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran baru berupa komik ekonomi serta mengukur keefektifan dari komik ekonomi tersebut. Proses pengembangan media dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan media pendidikan. Langkah-langkah pengembangan tersebut yaitu 1) Identifikasi kebutuhan 2) Analisis tujuan 3) Pengembangan materi 4) Pengembangan alat evaluasi 5) Produksi 6) Validasi 7) Revisi. Kemudian untuk mengukur keefektifan komik ekonomi maka dilakukan penelitian eksperimen dengan desain uji coba pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas dimana kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa(1) Hasil validasi dari para validator menyatakan bahwa komik ekonomi yang dikembangkan ini layak untuk dijadikan media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata sebesar 86% dari angket validasi yang telah diisi oleh para validator (2) Siswa tertarik untuk belajar ekonomi dengan menggunakan komik hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata 82 72% dari angket yang diisi oleh responden/siswa (3) Media pembelajaran komik ekonomi efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini tercermin dari nilai gain value kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada gain value kelaskontrol. 12288 12288 12288 12288 Saran untuk pengembangan selanjutnya yaitu tahap uji coba produk tidak hanya dilakukan dalam satu sekolah saja hendaknya dilakukan di sekolah-sekolah lain untuk menilai tingkat ketertarikan siswa terhadap produk. Selain itu hendaknya dilakukan pengembangan media pembelajaran komik dengan pokok bahasan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39285

Actions (login required)

View Item View Item