Fahmi, Muhammad Fikri (2014) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Pasuruan / Muhammad Fikri Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fikri Muhammad Fahmi. 2013. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs Mardono M.Si. (II) Drs Achmad Ali Wafa Mp.d. Kata Kunci Fasilitas Belajar Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Di dalam proses pembelajaran fasilitas belajar merupakan hal yang cukup penting. Fasilitas adalah prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 106 orang siswa data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk hasil belajar dikumpulkan berdasarkan nilai raport siswa. Analisa data di dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian menunjukan bahwa fasilitas belajar di rumah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Hasil dari uji t diperoleh nilai t signifikansi 0 000. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa semakin baik fasilitas belajar dirumah yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh. Fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Hasil dari uji t diperoleh nilai signifikansi 0 000. Hasil uji t untuk variabel fasilitas belajar di masyarakat diperoleh nilai t hitung signifikan pada level 0 000. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar di masyarakat terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan pada hasil uji F diperoleh nilai signifikansi pada level 0 000. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar di rumah di sekolah dan di masyarakat terhadap Hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Adapun besarnya pengaruh tersebut adalah 89 2% dan sisanya sebesar 10 8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut pihak sekolah hendaknya lebih meningkatkan keberadaan fasilitas belajar yang ada di sekolah serta mendorong siswa siswinya untuk memanfaatkan fasilitas belajar yang ada secara optimal. Untuk dapat menunjang mata pelajaran ekonomi pihak sekolah dapat mendorong siswa untuk berperan aktif dalam koperasi siswa. Selain itu pihak sekolah hendaknya juga mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39282 |
Actions (login required)
View Item |