Manajemen pembelajaran di Education Hotel (EDOTEL) sebagai sumber belajar siswa SMK Negeri 2 Malang / Mira Dwi Agustin

Agustin, Mira Dwi (2018) Manajemen pembelajaran di Education Hotel (EDOTEL) sebagai sumber belajar siswa SMK Negeri 2 Malang / Mira Dwi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Agustin, M.D. 2018. Manajemen Pembelajaran di Education Hotel (Edotel) sebagai Sumber Belajar Siswa SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Mustiningsih, M.Pd., (2) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd. Kata kunci: Manajemen pembelajaran, sumber belajar, Edotel. Pembelajaran sebagai implementasi kurikulum, dirancang berdasarkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik serta mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Sehingga pada komponen pembelajaran lebih banyak menitikberatkan pada pengalaman yang diperoleh untuk mengasah kemampuan kognitif, afektif serta psikomotorik siswa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sekolah yang mempersiapkan lulusannya memasuki dunia kerja, maka pembelajaran dikelola agar relevan antara teori yang didapatkan dengan praktek disamping kognitif dan afektif siswa. Tertinggalnya SMK saat ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengangguran terbuka. Data yang diperoleh pada tahun 2017 ada sekitar 12 ribu SMK di seluruh Indonesia dengan jumlah lulusan per tahun sekitar 1,3 juta orang. Tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 2017 didominasi oleh siswa SMK yaitu sebesar 9,27 % paling tinggi dibanding dengan lulusan SMP, SMA, Diploma III, dan Universitas. Oleh karena itu pembelajaran dikelola dengan baik, menyelaraskan antara teori dan praktik dengan memaksimalkan ketersediaan sarana yang terdapat di sekolah. Salah satu SMK yang berupaya mengoptimalkan sarana di sekolah untuk meningkatkan kompetensi siswa serta menyelaraskan antara teori dan praktek adalah SMKN 2 Malang. SMKN 2 Malang menggunakan Edotel sebagai tempat siswa untuk melatih kompetensi keahlian di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan pembelajaran di Edotel sebagai sumber belajar siswa SMKN 2 Malang, pelaksanaan pembelajaran di Edotel sebagai sumber belajar siswa SMKN 2 Malang serta evaluasi dan pengawasan pembelajaran di Edotel sebagai sumber belajar siswa SMKN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi, penelitian dilaksanakan dengan peran peneliti sebagai partisipan pasif. Pengumpulan data dilakukan di di Edotel SMKN 2 Malang. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan proses analisis data dengan mereduksi data terlebih dahulu sesuai dengan fokus penelitian, baru kemudian data disajikan untuk ditarik kesimpulannya. Informan kunci disini adalah Ketua vi Pengelola Edotel. Keabsahan data dilakukan peneliti untuk mempertanggungjawabkan kebenaran data melalui triangulasi data. Adapun tahap-tahap yang dilakukan oleh peneliti yaitu, tahap pra lapangan, tahap pendahuluan, penyusunan proposal, pelaksanaan dan penyusunan laporan. Temuan penelitian diantaranya adalah: (1) Perencanaan dilakukan melalui rapat koordinasi yang membahas rancangan Edotel untuk siswa Akomodasi Perhotelan (AP), Jasa Boga (JB) dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Dalam perencanaan terdapat penyusunan piket harian yang ditugaskan kepada masing-masing koordinator program keahlian di Edotel, untuk perencanaan berbentuk penyusunan RPP yang dilakukan oleh guru mata pelajaran, diantaranya yang menggunakan Edotel yaitu AP dan UPW; (2) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari piket harian dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa menggunakan Edotel. Piket harian adalah bentuk pelatihan yang diberikan kepada siswa untuk melayani tamu langsung di Edotel sesuai dengan unit dan kompetensi keahliannya dalam hal ini yaitu Program Keahlian AP, JB dan UPW, sedangkan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan fasilitas Edotel hanya dilakukan oleh Program Keahlian Akomodasi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata; (3) Evaluasi dan pengawasan dilakukan Sekolah melalui masing-masing koordinator program keahlian di Edotel, guru piket Unit Produksi Sekolah (UPS)/ On Duty/ karyawan serta guru mata pelajaran yang bersangkutan, sedangkan sekolah kepada Edotel hanya mengevaluasi dan mengawasi personalia Edotel, karyawan dan siswa yang berkaitan dengan pelayanan dan perkembangan Edotel. Evaluasi kepada siswa diberikan dalam bentuk penilaian yang tergabung dalam mata pelajaran produktif. Saran untuk beberapa pihak yang terkait dengan penelitian ini, diantaranya: (1) Kepala SMKN 2 Malang, disarankan untuk lebih mensosialisasikan pengoptimalan Edotel sebagai sumber belajar pada kegiatan belajar mengajar pada program keahlian yang berhubungan melalui guru-guru pengajar; (2) Ketua Program Keahlian Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Usaha Jasa Pariwisata, Teknik Komputer Jaringan, Keperawatan dan Keperawatan Sosial, disarankan agar lebih mengoptimalkan adanya Edotel sebagai sumber belajar, sehingga lebih meningkatkan penggunaan sarana yang ada di sekolah untuk kegiatan belajar mengajar; (3) Guru SMKN 2 Malang, disarankan agar lebih mengoptimalkan penggunaan Edotel sebagai sumber belajar pada kegiatan belajar mengajar sehingga sarana yang ada di sekolah dimanfaatkan secara maksimal; (4) Mahasiswa Jurusan Adminisrasi Pendidikan, disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam pengembangan ilmu pengatahuan dengan tema manajemen pembelajaran di sumber belajar sekolah, dan (5) peneliti selanjutnya, disarankan untuk menggali data kembali jika terdapat temuan baru yang ada di lapangan ketika terjun pada tema yang sama serta bisa dijadikan sebagai pertimbangan dan referensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item