Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang / Irwan Yhasmiareski - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang / Irwan Yhasmiareski

Yhasmiareski, Irvan (2014) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang / Irwan Yhasmiareski. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yhasmiareski Irvan. 2013. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak (II) Drs. Mardono M.Si Kata Kunci Pola Asuh Orang Tua Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri maupun dari luar diri siswa termasuk orang tua. Hal yang juga patut dicatat prestasi di sekolah juga prestasi dalam karir ataupun dalam kehidupan bermasyarakat sangat tergantung pada bagaimana orang tua menerapkan pola asuh yang tepat bagi anak-anaknya. Keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak tempat ia belajar dan menyatakan diri sebagai makhluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang. 12288 12288 Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari pola asuh demokratis (X1) pola asuh permisif (X2) dan pola asuh otoriter (X3). Sedangkan variabel terikatnya berupa hasil belajar (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan deskripsi korelasional. Analisis deskripsi ini untuk mendeskripsikan X1 X2 X3 dan Y dalam perhitungan prosentase. Analisis linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya X1 X2 dan X3 terhadap Y pada kelas VIII di SMP Taman Siswa Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa dengan sampel yang berjumlah 107 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan menggunakan instrument penelitian data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa nilai ulangan tengah semester I ekonomi kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2013/2014. 12288 12288 Hasil penelitian di SMP Taman Siswa Malang menunjukkan bahwa dari analisis diketahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 0.05 dan thitung sebesar 4.631 1.90 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 27% terhadap hasil belajar pola asuh demokratis berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh pola asuh permisif terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.013 0.05 dan thitung sebesar 2.524 1.90 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 10 3% terhadap hasil belajar pola asuh permisif berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0.002 0.05 dan thitung sebesar 3.173 1.90 yang merupakan ttabel dengan pengaruh sebesar 19% terhadap hasil belajar pola asuh otoriter berpengaruh secara positif dan signifikan. Hasil analisis secara simultan antara pola asuh demokratis pola asuh permisif dan pola asuh otoriter terhadap hasil belajar diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0.000 dengan nilai F sebesar 44.145 lebih besar dari Ftabel yang bernilai 2.14 ketiga lingkungan ini berpengaruh sebesar 56 3% terhadap hasil belajar. 12288 12288 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara pola asuh demokratis pola asuh permisif dan pola asuh otoriter terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan (1) Diharapkan bagi guru lebih memperhatikan kegiatan siswa dalam belajar dan lebih sering memberikan variasi dalam belajar (2) Diharapkan bagi orang tua lebih memperhatikan anaknya terutama dalam hal belajar meskipun orang tua memiliki kesibukan (3) Diharapkan bagi masyarakat dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik dan kondusif (4) Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menggali dan meneliti lebih dalam faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39278

Actions (login required)

View Item View Item