Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual untuk mengoptimalkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pare / Peggy Delita Merida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual untuk mengoptimalkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pare / Peggy Delita Merida

Merida, Peggy Delita (2014) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual untuk mengoptimalkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pare / Peggy Delita Merida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merida Peggy Delita.2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Kontekstual Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pare.Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E.Ak M.P. (2) Dr. Nasikh S.E. M.Pd. Kata Kunci Numbered Heads Together Pembelajaran kontekstual hasil belajar respon belajar. Pendidikan merupakan salah satu alat untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Melalui pendidikan diharapkan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berilmu dan berkarakter. Guru merupakan tokoh sentral dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu keberhasilan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan adalah Numbered Heads Together. Model pembelajaran ini dilakukan berbasis kontekstual atau mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Pada mata pelajaran ekonomi sangat banyak permasalahan di suatu negara baik dalam skala mikro maupun dalam skala makro. Hal tersebut menuntut siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan model pembelajaran Numbered Heads Together yaitu menitik beratkan pada hubungan interaktif siswa dalam berkelompok dengan adanya model tersebut siswa dalam kelompok harus bekerjasama dengan baik. SMP Negeri 2 Pare adalah pilihan sekolah yang diambil oleh peneliti untuk melakukan penelitian. SMP Negeri 2 Pare adalah salah satu SMP Negeri terbaik di Kabupaten Kediri. Namun pada pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional atau masih Teacher oriented. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas karena terdapat masalah yang harus disembuhkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual 2) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes lembar observasi lembar catatan lapangan angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa dalam ranah kognitif dan ranah afektif. Dalam ranah kognitif nilai siswa meningkat dari nilai pre-test dan post-test pada siklus I yaitu dari 17 24% menjadi 68 97% dan pada siklus II dari 27 59% menjadi 89 66. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya keberhasilan dalam pengoptimalan hasil belajar siswa kelas VIII-I dan pada ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 38 28%. Pada penelitian ini juga meneliti respon siswa dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual dan respon siswa dalam penelitian ini sangat baik dalam penyambutan model pembelajaran yang baru dan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis kontekstual mencapai keberhasilan. Hal tersebut ditandai dengan optimalnya hasil belajar siswa secara kognitif dari penilaian pre-test dan post-test dan secara afektif perubahan perilaku siswa yang menjadi lebih baik. 2) Respon siswa sangat positif terhadap Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis kontekstual. Siswa lebih menyukai model pembelajaran yang baru dan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39274

Actions (login required)

View Item View Item