Pengaruh pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi (economic literacy) dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2012-2013 / Yuliarto Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi (economic literacy) dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2012-2013 / Yuliarto Widodo

Widodo, Yuliarto (2014) Pengaruh pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi (economic literacy) dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Dampit tahun ajaran 2012-2013 / Yuliarto Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widodo Yuliarto. 2013. Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Konsep Dasar Ekonomi (Economic Literacy) dan Tingkat Rasionalitas terhadap Kecenderungan Berkonsumsi pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Dampit Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Juruasan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Dra. Lisa Rokhmani M.Si Kata kunci Konsep Dasar Ekonomi (Economic Literacy) Tingkat Rasionalitas Kecenderungan Berkonsumsi Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi konsumsi dan distribusi. Mata pelajaran ekonomi diharapkan mampu memberikan bekal kepada siswa untuk memiliki kecakapan di bidang ekonomi. Siswa diharap memiliki pemikiran yang rasional dalam berkonsumsi agar siswa tidak menggunakan uang yang dimilikinya untuk mengonsumsi barang/jasa yang sebenarnya kurang bermanfaat. Pemahaman konsep dasar ekonomi dan tingginya tingkat rasionalitas sangat penting dimiliki oleh siswa karena dapat mengefektifkan kegiatan konsumsi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi (X1) dan tingkat rasioalitas (X2) sedangkan variabel independennya adalah kecenderungan berkonsumsi (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas siswa secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan berkonsumsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan regresi berganda (Multiple regression) menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dampit sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa dengan teknik propotional random sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) tingginya pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi berpengruh terhadap menurunnya kecenderungan berkonsumsi (2) kenaikan tingkat rasionalitas berpengaruh terhadap menurunnya kecenderungan berkonsumsi dan (3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara pemahaman konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas siswa terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa sebesar 0 955 atau 95 5%. Saran yang dikemukakan berdasarkan penelitian ini adalah (1) guru hendaknya meningkatkan kompetensi yang telah dimilikinya dengan cara memberikan variasi pada metode pengajaran meningkatkan pengetahuan ekonomi dan selalu memberikan dorongan kepada siswa untuk meningkatkan wawasan agar siswa memiliki rasionalitas ekonomi yang lebih baik lagi dan (2) peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap kecenderungan berkonsumsi menggunakan sampel siswa dari sekolah serta menambah jumlah sampel siswa sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39270

Actions (login required)

View Item View Item