Astilasari, Selvi (2014) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan peran lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri III Malang / Selvi Astilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Astilasari Selvi. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri III Malang . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Sumber Belajar Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Hasil Belajar Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang akan membantu siswa pada kegiatan belajar mengajar. Lingkungan keluarga sebagai bagian awal dari proses pengenalan siswa pada pendidikan memiliki peran penting dalam mendorong siswa untuk berprestasi di sekolah. Motivasi belajar yang baik akan menjadikan proses belajar lebih optimal. Hasil belajar juga akan naik seiring dengan peningkatan motivasi. Sumber belajar yang mendukung dan lingkungan keluarga yang kondusif pada akhirnya akan membentuk hasil belajar yang baik. Hal ini terjadi karena keberadaan keduanya akan memberikan hasil signifikan untuk motivasi belajar. Jadi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan menjadi siswa yang juga memiliki hasil belajar tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research sedangkan ditinjau dari hubungan variabelnya penelitian ini tergolong penelitian asosiatif kausalitas. Analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Variabel dalam penelitian ini meliputi Sumber Belajar (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) sebagai variabel bebas. Motivasi belajar (X3) sebagai variabel intervening sedangkan hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitin ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 277 siswa dan sampelnya sebesar 164 siswa SMP Negeri III Malang tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa sumber belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 0 243 dan signifikan dengan nilai alpha 0 000 0 05. Lingkungan keluarga berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar sebesar 0 541 dan signifikan dengan nilai 0 000 0 05. Motivasi belajar tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar dengan nilai sebesar -0 13 dan nilainya tidak signifikan sebesar alpha 0 902 0 05. Sumber belajar tidak berpengaruh secara tidak langsung pada hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai -0 149 dan tidak signifikan dengan nilai alpha 0 095 0 05. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara tidak langsung pada hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai 0 32 dan tidak signifikan dengan nilai alpha 0 756 0 05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru hendaknya menyesuaikan proses pembelajaran dan latihan soal dengan kemampuan siswa sehingga hasil belajar akan bisa muncul secara lebih baik. (2) Bagi kepala sekolah hendaknya mengkomunikasikan hal ini pada guru ekonomi sehingga bisa segera dibenahi untuk SOP (Standar Operational Procedur) dalam proses pembelajaran dan bisa dibuat latihan soal yang sesuai dengan kemampuan siswa. (3) Peneliti lain yang akan mengadakan penelitian diharapkan agar bisa memperbanyak populasi penelitian sehingga hasilnya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam kegiatan belajar mengajar ke depannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39265 |
Actions (login required)
View Item |