Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik problem posing untuk meningkatkan minat belajar dan ketuntasan hasil belajar ekonomi (siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013) / Ratna Dwi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik problem posing untuk meningkatkan minat belajar dan ketuntasan hasil belajar ekonomi (siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013) / Ratna Dwi Rahmawati

Rahmawati, Ratna Dwi (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik problem posing untuk meningkatkan minat belajar dan ketuntasan hasil belajar ekonomi (siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013) / Ratna Dwi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Ratna Dwi. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Problem Posing untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Ekonomi (Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (2) Dr. Hadi Sumarsono S.T M.Si. Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Problem Posing Minat Belajar Ketuntasan Hasil Belajar. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa kurang adanya peningkatan minat belajar serta ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII D semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Diduga metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Problem Posing nantinya diharapkan mampu meningkatkan minat belajar serta ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII D semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang datanya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan subyek sebanyak 30 orang siswa kelas VII D semester genap SMP Negeri 1 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Variabel penelitian ini adalah minat belajar dan ketuntasan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus ada tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan untuk membahas materi/presentasi dan sekali pertemuan untuk refleksi. Data minat belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes minat belajar yang berupa soal dengan klasifikasi skor skala linkert. Data aspek kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes individu berupa soal pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan minat belajar melalui teknik Problem Posing menunjukkan hasil positif yaitu terdapat peningkatan minat belajar dari 2.78 (cukup baik) pada awal siklus menjadi 4.06 (baik) diakhir siklus. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa upaya peningkatan ketuntasan hasil belajar melalui teknik Problem Posing menunjukkan hasil positif yaitu terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar yang dilihat melalui persentase ketuntasan hasil belajar yakni dari 73.33% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II. Demikian juga pada proses keterlaksanaan teknik Problem Posing yang ikut mengalami peningkatan yang dilihat melalui persentase keterlaksanaan teknik Problem Posing yaitu dari 86.36% pada siklus I menjadi 90.91% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39263

Actions (login required)

View Item View Item