Manajemen kurikulum terpadu di sekolah alam berciri khas Islam (studi kasus di SMA Surya Buana Malang) / Zoga Adipratama

Adipratama, Zoga (2018) Manajemen kurikulum terpadu di sekolah alam berciri khas Islam (studi kasus di SMA Surya Buana Malang) / Zoga Adipratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adipratama, Zoga. 2018. Manajemen Kurikulum Terpadu di Sekolah Alam Berciri Khas Islam (Studi Kasus di SMA Surya Buana Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd., (II) Dr. R. Bambang Sumarsono, M.Pd. Kata kunci: kurikulum, sekolah alam Setiap satuan pendidikan memiliki kurikulum untuk menjadi dasar dalam mencapai tujuan yang diinginkan oleh satuan pendidikan tersebut. Kurikulum adalah suatu bagian dalam pendidikan yang berfungsi untuk mewujudkan hal yang menjadi tujuan dari pendidikan nasional. Hal tersebut yang mendasari pemerintah untuk selalu memperbaharui kurikulum agar mendapatkan kurikulum yang ideal, karena dengan kurikulum yang tepat dan ideal diharapkan akan mampu menciptakan sumberdaya manusia yang unggul dan berkualitas. Kurikulum yang diterapkan di sekolah Alam tentu berbeda dengan sekolah pada umumnya. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana perencanaan kurikulum terpadu di SMA Surya Buana Malang; dan, (2) bagaimana pelaksanaan kurikulum terpadu di SMA Surya Buana Malang; (3) bagaimanakah evaluasi kurikulum terpadu di SMA Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Surya Buana Malang yang berada dibawah naungan yayasan bahana cita persada. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab fokus penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian yang didapatkan adalah: (1) perencanaan kurikulum terpadu di SMA Surya Buana Malang di awali dengan menentukan visi dan misi sekolah setelah itu diadakan workshop untuk mempersiapkan segala macam perangkat pembelajaran selama satu tahun ajaran. Dalam workshop dibentuk tim khusus untuk membuat kurikulum seperti apa yang harus diterapkan di SMA Surya Buana Malang mengingat perbedaan kurikulum yang diterapkan dibanding sekolah lain pada umumnya; (2) pelaksanaan kurikulum terpadu meliputi: (a) penyusunan kalender sekolah di SMA Surya Buana Malang dilakukan setelah mendapat kalender pendidikan nasional; (b) penyusunan progam kerja dilakukan setiap akhir tahun ajaran baru dan sekolah melakukan evaluasi di setiap akhir tahun untuk menentukan progam kerja baru selanjutnya; (c) penyusunan jadwal pelajaran disusun oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum beserta tim kurikulum dengan melihat urgensi kompetensi mata pelajaran yang kemudian dikonsultasikan kepada kepala sekolah; (d) pembagian beban mengajar berdasarkan pada banyaknya guru dan jumlah jam mengajar guru. Guru diharuskan mengajar minimal selama 24 jam dalam seminggu. Pembagian juga dilakukan berdasarkan jumlah rombongan belajar yang ada; (e) pelaksanaan progam belajar mengajar dilakukan workshop untuk mempersiapkan bapak/ibu guru mulai dari perangkat sampai administratif dalam mengajar, serta rapat kerja itu untuk progam kerja sekolah. Kepala sekolah juga memberikan kriteria progam belajar mengajar harus lebih mengutamakan mata pelajaran yang ada di ujian nasional, kemudian life skill, pembekalan bagaimana peserta mempunyai kesadaran belajar dalam berwirausaha, serta mengembangkan pashion minat dan bakat; (3) Evaluasi kurikulum terpadu dilakukan setiap awal dan akhir semeseter serta untuk melihat keberhasilan progam kurikulum sekolah melakukan penilaian peserta didik, penilaian meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun bedanya adalah disetiap bulan para peserta didik dites kemampuan dalam menghafal Al-QurÔÇÖan. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada: (1) bagi yayasanan bahana cita Berdasarkan hasil penelitian diharapkan yayasan menambahkan sarana dan prasarana seperti laboratorium komputer yang belum ada di sekolah untuk lebih mendukung progam kegiatan sekolah; (2) bagi kepala sma surya buana malang Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya kepala sekolah mengadakan pelatihan mengajar guru dengan memanfaatkan media pembelajaran supaya guru tidak hanya monoton menerangkan teori kepada peserta didik di kelas; (3) bagi guru sma surya buana malang Diharapkan semua guru SMA Surya Buana Malang melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti penayangan gambar atau video melalui layar proyektor agar peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas; (4) bagi jurusan administrasi pendidikan berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tambahan tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan manajemen kurikulum terpadu berciri khas Islam yang dilaksanakan di setiap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri sehingga mampu memperluas cakupan referensi untuk mahasiswa; (5) peneliti lain, hendaknya peneliti lain dapat melanjutkan dan menuntaskan keterbatasan peneliti, yaitu belum dapat menggali informasi dari pihak yayasan langsung mengenai perencanaan kurikulum terpadu. meneliti pengelolaan waktu pembelajarannya dan seperti apa integrasi kedua kurikulumnya. Penelitian yang sama namun menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3926

Actions (login required)

View Item View Item