Hubungan kompensasi pedagogik guru dan proses pembelajaran dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kesamben Blitar (ditinjau dari persepsi siswa) / Purna Ari Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompensasi pedagogik guru dan proses pembelajaran dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kesamben Blitar (ditinjau dari persepsi siswa) / Purna Ari Prihatin

Prihatin, Purna Ari (2013) Hubungan kompensasi pedagogik guru dan proses pembelajaran dengan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kesamben Blitar (ditinjau dari persepsi siswa) / Purna Ari Prihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prihatin Purna Ari.2013. Hubungan Kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kesamben Blitar (Ditinjau Dari Persepsi Siswa). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Dra. Hj. Lisa Rokmani M.Si Kata Kunci Hubungan Kompetensi pedagogik guru Proses pembelajaran Hasil belajar persepsi siswa Pendidikan merupakan sarana untuk memcerdaskan anak bangsa baik dari segi intelektual maupun spiritual. Suatu pendidikan pasti memiliki komponen-komponen sendiri untuk tercapainya pelaksanaan tersebut antara lain peserta didik pendidik Interaksi antara peserta didik dengan pendidik tujuan pendidikan materi pendidikan alat dan metode untuk pembelajaran. Dalam penelitian ini hanya membahas kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran ekonomi dikelas. dimana kompetensi pedagogik guru merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai guru sedangkan proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi antara siswa dengan guru siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada atau tidak hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. 2) Ada atau tidak hubungan proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa 3) Ada atau tidak hubungan kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi menggunakan metode crosstabs. Data diperoleh melalui angket siswa digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran ekonomi di kelas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak empat kelas dengan jumlah populasi 149 siswa dan sampelnya sebanyak 105 siswa perolehan sampel digunakan taraf kesalahan 5%. Dokumentasi nilai rata-rata semester 2 yang diperoleh dari nilai rata-rata nilai tugas nilai ulangan harian dan nilai UTS. Hasil penelitian ini adalah 1) Tidak ada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar. 2) Tidak ada hubungan proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa. 3) Ada hubungan kompetensi pedagogik guru dengan proses pembelajaran. Saran dari penelitian ini Sebaiknya guru ekonomi meningkatkan kompetensi pedagogik dengan mengikuti pelatihan atau seminar pendidikan tentang kompetensi Guru. Sebaiknya guru ekonomi juga memperbaiki proses pembelajaran serta mempelajari bagaimana melakukan pendekatan dan interaksi kepada siswa baik secara individu maupun kelompok. Untuk siswa sebaiknya lebih bersemangat dan memiliki motivasi dalam proses pembelajaran ekonomi. Untuk sekolah sebaiknya menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk memperbaiki kompetensi pedagogik guru dan memperbaiki proses pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan penelitian serupa dengan memilih metode penelitian dan pemilihan variabel yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item