Pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Foki Zandia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Foki Zandia

Zandia, Foki (2013) Pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Foki Zandia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zandia Foki. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Intensitas Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sugeng Hadi Utomo. M.Sc (II) Drs. Prih Hardinto. M.Si. Kata Kunci Kemandirian Belajar Intensitas Pemanfaatan Sumber Belajar Hasil Belajar mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Siswa yang memiliki cara belajar yang datang dari dalam diri mereka yang tentu akan lebih baik dibandingkan yang hanya menunggu desakan dari luar diri mereka. Kemandirian belajar dalam diri siswa tidak serta merta hadir begitu saja dalam diri mereka perlu adanya pendorong dari luar diri mereka untuk melakukannya. Selain itu sebagai lembaga pendidik juga tidak bisa melupakan peran mereka begitu saja. Penyediaan sumber belajar yang memadai bagi siswa akan sangat bermanfaat apabila dapat dinikmati oleh berbagai kalangan tanpa harus kesulitan mengaksesnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu bagaimana pengaruh intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar dan bagaimana pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Sampel yang diambil sebanyak 77 siswa dari 333 siswa untuk teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi linear ganda dan uji hipotesis dianalisis dengan teknik statistik parametrik uji t (parsial) dan F (simultan) dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Pada hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Ada pengaruh yang signifikan positif antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Ada pengaruh yang signifikan positif antara intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Ada pengaruh yang signifikan positif antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Berdasarkan hasil uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan sumber belajar secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 18 Malang pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi). Untuk saran dalam penelitian ini hendaknya (1) Universitas Negeri Malang untuk melakukan tindak lanjut (2) guru sebagai pendidik perlu untuk mendorong siswa agar memiliki kemandirian dalam belajar (3) kepada lembaga sekolah agar menyediakan sumber belajar yang memadai dan dapat menjangkau seluruh kalangan (4) dan kepada peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39253

Actions (login required)

View Item View Item