Pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Zainul Muharam Rusdiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Zainul Muharam Rusdiyanto

Rusdiyanto, Zainul Muharam (2013) Pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Zainul Muharam Rusdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusdiyanto Zainul Muharam. 2013. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr H Sugeng Hadi Utomo. M.Sc (II) Drs. H Achmad Ali Wafa M.Pd. Kata kunci Kebiasaan Belajar Perhatian Orang Tua Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Ekonomi). Pada saat ini siswa cenderung dalam proses belajarnya hanya dilakukan di sekolah. Cukup banyak siswa yang di rumahnya tidak belajar sendiri. Hal ini dikarenakan siswa tersebut tidak mempunyai waktu belajar yang rutin. Siswa akan belajar ketika menghadapi ujian atau terdapat tugas di rumah. Masalah seperti ini merupakan masalah tentang kebiasaan belajar siswa. Setiap siswa memiliki kebiasaan belajar yang berbeda-beda ada yang memiliki kebiasaan belajar yang baik dan tidak baik. Sehingga nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Selain itu siswa dalam proses belajar memerlukan dukungan dari pihak lain terutama peran orang tua. Peran orang tua dapat dilakukan dengan cara memberikan perhatian pada anaknya khususnya pada proses belajar. Namun yang terjadi terdapat orang tua yang tidak perhatian pada anaknya. Orang tua terkesan lupa dengan anaknya karena orang tua sibuk dengan pekerjaan dan sebagainya. Sehingga anak tidak diperhatikan dalam proses belajarnya apakah telah belajar dengan baik atau tidak. Dan akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan dari pengaruh kebiasaan belajar (X1) perhatian orang tua (X2) dan hasil belajar (Y) pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Subyek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 333 siswa sebagai populasi. Sedangkan untuk jumlah sampel sebesar 182 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin kemudian untuk teknik pengambilan sampel ialah proportional random sampling. Metode analisis data penelitian ini menggunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh beberapa simpulan. Pertama kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang. Kedua perhatian orang tua mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang. Ketiga secara simultan kebiasaan belajar dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS (Ekonomi) siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang. Dimana sumbangan pengaruh kebiasaan belajar sebesar 3 7% dan perhatian orang tua menyumbang sebesar 4 8%. iii Saran dalam penelitian ini ialah (1) guru mata pelajaran ekonomi hendaknya membangun kerjasama dengan orang tua siswa berupa pertemuan rutin untuk membahas masalah yang dihadapi oleh siswa dalam proses belajar. (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi dan orang tua hendaknya memperhatikan dan menghimbau siswa untuk mempunyai kebiasaan belajar yang baik terutama pada pengaturan jadwal belajar rutin di rumah. (3). Orang tua hendaknya memberikan perhatian yang cukup pada anaknya khususnya perhatian terhadap dunia pendidikan. Perhatian yang cukup dapat berupa pengawasan dan dorongan belajar pada anak. (4) Untuk peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel pemanfaatan fasilitas belajar baik dirumah maupun di sekolah dan pengumpulan data dapat ditambah dengan wawancara maupun observasi. Sehingga penelitian ini dapat dikembangkan lagi untuk menjadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39251

Actions (login required)

View Item View Item