Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik / Syahrul Halim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik / Syahrul Halim

Halim, Syahrul (2013) Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik / Syahrul Halim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Halim Syahrul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Fungsi Konsumsi dan Tabungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarik. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd. (II) Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pemahaman Konsep Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Pada pelaksanaan sebuah pembelajaran seorang guru harus memikirkan hal yang akan dilakukan pada proses belajar mengajar guru harus memikirkan bagaimana merancang kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan dapat mencapai hasil yang optimal. Tingkat pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarik masih tergolong rendah yang ditunjukkan pada nilai UTS semester genap bahwa sebanyak 29 siswa dari 36 siswa yang nilainya di bawah KKM (75). Hal ini dipengaruhi oleh cara guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu strategi dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar. Salah satu strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahap 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis tes lisan observasi dokumentasi dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tarik Kelas X-5 pada semester genap tahun ajaran 2012-2013. Jumlah siswa sebanyak 36 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan terhitung sejak 25 Maret 2013 sampai dengan 24 April 2013. Pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 15% dari siklus I persentase pemahaman 80% menjadi 95% pada siklus II. Hasil belajar pada penilaian kognitif juga mengalam peningkatan sebesar 25% dari siklus I tingkat ketuntasan sebesar 61% menjadi 86% pada siklus II. Tingkat pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran. Semakin baik model pembelajaran yang diterapkan semakin baik pula tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39250

Actions (login required)

View Item View Item