Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul dibanding pembelajaran model ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Mambaul'ulum Jombang / Muhammad Jamaluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul dibanding pembelajaran model ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Mambaul'ulum Jombang / Muhammad Jamaluddin

Jamaluddin, Muhammad (2013) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul dibanding pembelajaran model ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas X Madrasah Aliyah Mambaul'ulum Jombang / Muhammad Jamaluddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jamaluddin Muhammad. 2013.Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan Menggunakan Modul di Banding dengan Pembelajaran Model Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Madrasah Aliyah Mamba ul Ulum Jombang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes H S S.Th M. Div M. E. Pembimbing (II) Drs. PrihHardinto M.Si Kata Kunci Perbandingan Pembelajaran Modul Pembelajaran Ceramah Hasil Belajar Jamaluddin Muhammad. 2013.Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan Menggunakan Modul di Banding dengan Pembelajaran Model Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Madrasah Aliyah Mamba ul Ulum Jombang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes H S S.Th M. Div M. E. Pembimbing (II) Drs. PrihHardinto M.Si Kata Kunci Perbandingan Pembelajaran Modul Pembelajaran Ceramah Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Dalam proses pembelajaran ekonomi siswa terlihat kurang antusias bosan dan siswa bersikap acuh tak acuh. Sistem pengajaran guru di Madrasah Aliyah Mamba ul Ulum Jombang masih dominan mengunakan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Sehingga siswa terlihat pasif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga berdampak pada hasil belajar kurang memuaskan dimana pada kelas A nilai kategori baik diperoleh 8 dari 35 siswa dan kelas B terdapat kategori nilai baik diperoleh 10 dari 36 siswa sedangkan sisanya hanya bisa lulus dengan kategori cukup dan kategori rendah. Dengan demikian nilai hasil belajar siswa terlihat kurang memuaskan. Penerapan model pembelajaran modul diharapkan mampu mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa. Adanya pembelajaran ini siswa diharapkan mampu bekerja sama untuk memahami suatu definisi konsep serta siswa dapat mengemukakan pendapat. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian (1) Mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran modul (2) Mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran ceramah (3) Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran modul dengan model pembelajaran ceramah. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Nonquivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Mamba ul Ulum Jombang. Yang dibagi terdiri dari dua kelas satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas X A dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yaitu kelas XB dimana kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara acak. Data diambil dari tes pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik infrensial uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran modul dengan metode pembelajaran ceramah. Kondisi ini dapat dilihat dari rata-rata kedua kelas yang berbeda. Kelas eksperimen mempunyai rata-rata kelas lebih tinggi yaitu 84 03 sedangkan kelas kontrol sebesar 74 60. Beberapa saran yang diberikan yaitu (1) Bagi kepala Madrasah Aliyah Mamba ul Ulum Jombang hendaknya selalu memberi dorongan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran (2) Guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu. (3) B agi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item View Item