Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Malang / Annisya' - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Malang / Annisya'

Annisya' (2013) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Malang / Annisya'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Annisya . 2013. Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (2) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci kompetensi pedagogik kompetensi profesional pembelajaran IPS Terpadu Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dikuasai guru karena berkaitan dengan pemahaman guru terhadap peserta didik perancangan dan pelaksanaan pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik. Kompetensi ini berhubungan dengan tugas utama guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan baik. Kompetensi profesional merupakan hal yang sangat penting bagi terlaksananya program pendidikan dengan baik. Kompetensi profesional adalah kompetensi yang cukup penting karena menyangkut pemahaman guru terhadap materi yang diampu dan pola pikir keilmuan yang mendukungnya diikuti dengan pembaharuan informasi penguasaan IPTEK aktif organisasi pendidikan melakukan refleksi berkelanjutan dan mengikuti seminar. Proses pembelajaran IPS Terpadu dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif jenis fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 7 Malang. Subyek penelitian ini adalah salah satu guru IPS Terpadu yang berasal dari guru mata pelajaran tunggal dan tidak mempunyai latar belakang mengajar IPS Terpadu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Berdasar hasil analisis data dalam penelitian ini guru telah melakukan pembelajaran IPS Terpadu melalui tahapan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru dalam pembelajaran IPS Terpadu adalah baik. Guru telah memahami karakteristik peserta didik merancang pembelajaran melaksanakan pembelajaran mengembangkan potensi peserta didik merancang dan melaksanakan penilaian serta evaluasi. Guru juga menguasai materi pelajaran struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu menguasai standar kompetensi kompetensi dasar dan mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif. Hanya saja masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan dalam hal mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri serta aktif mengikuti seminar MGMP dan workshop yang berhubungan dengan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39240

Actions (login required)

View Item View Item