Krisna, Pungki Randha (2018) Hubungan antara persepsi dan sikap siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri se-kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro / Pungki Randha Krisna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Krisna Pungki Randha. 2018. Hubungan Antara Persepsi dan Sikap Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri Se- Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Persepsi Sikap Siswa Ekstrakurikuler Pramuka Dalam perkembangan pelaksanaan kurikulum 2013 pendidikan kepramukaan ditetapkan sebagai ekstrakulikuler wajib mulai dari jenjang SD/MI SMP/MTs SMA/MA dan SMK. Pendidikan kepramukaan diharapkan mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik terutamanya adalah sikap peduli. Disamping itu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran interaktif progresif maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Oleh karena itulah pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peran yang dapat dimainkan pendidikan kepramukaan dalam membentuk watak dan kepribadian anak bangsa. Banyak upaya yang dilakukan sekolah untuk membangkitkan minat peserta didik tentang kegiatan pramuka akan tetapi semua itu bergantung pada sikap dan persepsi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan tingkat persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka (2) Mendeskripsikan sikap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan (3) Menguji hubungan persepsi dan sikap siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan model penelitian Korelasional Dwivariat. Terdapat dua variabel terhadap penelitian ini yaitu variabel bebasnya adalah Persepsi tentang pramuka (X) dan variabel terikatnya yakni sikap terhadap kegiatan pramuka (Y). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro yang terdiri dari 4 SMA Negeri yang terletak di pusat perkotaan kabupaten Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 1.059 siswa. Berdasarkan jumlah tersebut maka diambil sampel penelitian sejumlah 316 siswa. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Korelasi Spearman. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa (1) Persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegoro termasuk dalam kategori Baik (2) Sikap siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegoro termasuk dalam kategori Sangat Baik dan (3) Hubungan antara variabel persepsi siswa dan variabel sikap terkait kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri se Kecamatan Bojonegoro menunjukkan adanya korelasi Positif artinya bahwa semakin tinggi persepsi siswa maka sikap yang dilakukan semakin baik pula. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diharapkan kepada kepala sekolah agar mempertahankan prestasi kepramukaan dan melanjutkan penanaman pendidikan karakter yang baik melalui kegiatan kepramukaan di sekolah masingii masing. Selain itu kepada peneliti selanjutnya untuk menganalisis lebih lanjut hubungan antar variabel yang berhubungan dengan kepramukaan dan menganalisis lebih dalam sejauh mana kebutuhan siswa sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan materi kegiatan kepramukaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tetap memagang teguh metode kepramukaan dan dasar-dasar kepramukaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3924 |
Actions (login required)
View Item |