Penerapan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan mind mapping mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang / Mufidah Eka Agusdina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan mind mapping mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang / Mufidah Eka Agusdina

Agusdina, Mufidah Eka (2013) Penerapan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan mind mapping mata pelajaran IPS terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang / Mufidah Eka Agusdina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agusdina Mufidah Eka. 2013. Penerapan Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Berkolaborasi dengan Mind Mapping Mata Pelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd Kata kunci NHT (Numbered Heads Together) Mind mapping motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas guru masih merupakan figure central dan pengendali dari seluruh kegiatan belajar. Proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru masih mengajar secara konvensional dengan sistem ceramah sehingga siswa merasa bosan dan menyebabkan siswa kurang bisa mengkonstruk ide-idenya sendiri sehingga mengalami kesulitan dalam mengingat konsep yang menyebabkan siswa kurang memiliki motivasi dan hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi hal ini diperlukan pendidik yang kreatif inovatif dan menguasai banyak metode pembelajaran. Suatu pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mengaktifkan siswa salah satunya yaitu perpaduan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Mind mapping yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya akan terlihat pada naiknya hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) menyusun rancangan tindakan (planning) (2) melaksanakan tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) (4) refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pedoman wawancara soal test angket motivasi catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata motivasi belajar siswa siklus I sebesar 58 59 menjadi 70 91 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre test 69 60 menjadi 77 5 pada saat post test siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (42 11%) menjadi 27 siswa (71 05%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test sebesar 67 89 menjadi 85 13 pada saat post test siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (50%) menjadi 32 siswa (84 21%). Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan Mind mapping mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 7 Malang. Bagi guru di SMP Negeri 7 Malang khususnya guru mata pelajaran IPS Terpadu disarankan untuk menerapkan pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berkolaborasi dengan Mind mapping sebagai salah satu alternatif menjadikan siswa lebih mudah mengingat dan menghindari kebosanan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item