Studi perbandingan prestasi belajar siswa didasarkan pada gaya belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang / Dian Sukma Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan prestasi belajar siswa didasarkan pada gaya belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang / Dian Sukma Fitria

Fitria, Dian Sukma (2013) Studi perbandingan prestasi belajar siswa didasarkan pada gaya belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang / Dian Sukma Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitria Dian Sukma. 2013. Studi Perbandingan Prestasi Belajar Siswa didasarkan pada Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (2) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M. Kata Kunci Prestasi Belajar Gaya Belajar Motivasi Belajar. Siswa sebagai peserta didik dituntut aktif dan mempunyai motivasi yang tinggi agar prestasi belajar yang diperoleh dapat memuaskan. Selain itu siswa harus mampu menangkap dan memahami suatu pelajaran dengan cara yang paling efektif. Berkaitan dengan pemahaman dalam proses pembelajaran setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar merupakan kombinasi bagaimana siswa menyerap menerima mangatur dan mengolah informasi yang diterima dalam proses pembelajaran. Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi dan telah memahami gaya belajarnya sendiri cenderung dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang mempunyai gaya belajar visual maupun auditorial dan yang mempunyai motivasi belajar tinggi maupun rendah. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yaitu membandingkan dua variabel atau lebih diantaranya variabel bebas yaitu gaya belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Malang pada bulan April sampai dengan Mei 2013 dengan subyek penelitian siswa kelas VIII dengan jumlah populasi sebanyak 414 siswa dan sampel sebanyak 81 siswa dengan teknik proportional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan diantaranya desain faktorial 2x2 two ways anova uji post hoc tuckey dan koefisien determinasi (R2) dengan signifikansi 0 05. Desain faktorial membagi variabel bebas ke dalam beberapa kategori yaitu gaya belajar visual (X1a) gaya belajar auditorial (X1b) motivasi belajar tinggi (X2a) dan motivasi belajar rendah (X2b). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar visual dan motivasi belajar tinggi (Y(X1a.X2a)) dengan gaya belajar visual dan motivasi belajar rendah (Y(X1a.X2b)) (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar visual dan motivasi belajar tinggi (Y(X1a.X2a)) dengan gaya belajar auditorial dan motivasi belajar tinggi (Y(X1b.X2a)) (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar visual dan motivasi belajar tinggi (Y(X1a.X2a)) dengan gaya belajar auditorial dan motivasi belajar rendah (Y(X1b.X2b)) (4) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar visual dan motivasi belajar rendah (Y(X1a.X2b)) dengan gaya belajar auditorial dan motivasi belajar tinggi (Y(X1b.X2a)) (5) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar visual dan motivasi belajar rendah (Y(X1a.X2b)) dengan gaya belajar auditorial dan motivasi belajar rendah (Y(X1b.X2b)) (6) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara gaya belajar auditorial dan motivasi belajar tinggi (Y(X1b.X2a)) dengan gaya belajar auditorial dan motivasi belajar rendah (Y(X1b.X2b)).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39238

Actions (login required)

View Item View Item