Penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model examples non examples untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Vika Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model examples non examples untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Vika Widiastuti

Widiastuti, Vika (2013) Penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model examples non examples untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Vika Widiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiastuti Vika. 2013. Penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berkolaborasi Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata Kunci STAD (Student Teams Achievment Divisions) Examples Non Examples motivasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS Terpadu kelas VII.3 SMP Negeri 5 Malang ditemukan bahwa selama ini kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan banyak siswa yang ulangan hariannya dibawah KKM. Oleh karena itu diperlukan sebuah model yang lebih memberdayakan potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga meningkat. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model Examples Non Examples efektif dan dapat melatih siswa dalam memecahkan soal-soal yang terkait dengan pelajaran IPS Terpadu. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model Examples Non Examples pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 5 Malang (2) Untuk mengetahui apakah penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 5 Malang (3) Untuk mengetahui apakah penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 5 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu pelaksanaan penelitian ini selama dua siklus mulai tanggal 20 Maret 2013 sampai tanggal 27 Maret 2013. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu merencanakan tindakan (planning) melakukan tindakan (action) mengamati tindakan (observation) dan melakukan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Malang sebanyak 30 siswa yang terdiri 12 siswa lakui-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STAD (Student Teams Achievement Divisions) berkolaborasi model Examples Non Examples dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar siswa sebelum penerapan STAD berkolaborasi model Examples Non Examples dengan nilai 58 03% dan meningkat setelah penerapan STAD berkolaborasi model Examples Non Examples dengan nilai 68 3%. Pada siklus II yang menunjukkan motivasi belajar siswa sebelum penerapan STAD berkolaborasi model Examples Non Examples dengan nilai 73 77% dan setelah penerapan STAD berkolaborasi model Examples Non Examples dengan nilai 88 6%. Hasil belajar siswa meningkat terlihat dari perbandingan nilai rata-rata post test pada siklus I sebesar 80 43% meningkat pada siklus II nilai rata-rata post test sebesar 86 89% dan mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa STAD berkolaborasi model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39237

Actions (login required)

View Item View Item