Masalah yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam menerapkan kompetensi profesional di SMP Negeri 1 Malang / Retnani Rahma Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Masalah yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam menerapkan kompetensi profesional di SMP Negeri 1 Malang / Retnani Rahma Susanti

Susanti, Retnani Rahma (2013) Masalah yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam menerapkan kompetensi profesional di SMP Negeri 1 Malang / Retnani Rahma Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti Retnani Rahma. 2013. Masalah yang Dihadapi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menerapkan Kompetensi Profesional di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M. S. Ed. (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Mata pelajaran IPS Kompetensi profesional. 12288 12288 12288 12288 PP Nomor 19 tahun 2005 pasal 28 ayat 1 sampaiayat 5 menegaskan bahwa pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran. Kompetensi professional berkaitan dengan penguasaan materi secara luas dan mendalam. SMP Negeri 1 Malangtelahmenerapkan guru tunggal untuk mata pelajaran IPS. Guru bidang studi ekonomi harus mengajar bidang studi geografi sejarah dan sosiologi. Begitu juga dengan guru bidang studi geografi sejarah dan sosiologi harus mengajar semua bidang studi IPS. Hal tersebut membuat guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS terpadu khususnya dalam menguasai materi IPS Terpadu karena latar belakang disiplin ilmu yang berbeda. 12288 12288 12288 12288 Fokus masalah yang akan diteliti adalah masalah apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan kompetensi profesional Dilihat dari (1) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam penguasaan materi IPS (2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam penguasaan materi IPS (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam penyampaian materi IPS 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi.Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Malang sebagai Informan. Pada penelitian ini ada tiga informan yaitu dua guru dengan latar belakang guru ekonomi dan satu guru yang berlatar belakang guru geografi. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam penguasaan materi IPS di SMP Negeri 1 Malang. Sumber data diperoleh dengan wawancara terhadap informan yang diteliti. Analisis data yang dilakukan yatu reduksi data display data dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. 12288 12288 12288 12288 Dari penelitian ditemukan bahwa kesulitan-kesulitan guru dalam menguasai materi IPS adalah Kesulitan yang dialami guru pada umumnya sama yakni guru kesulitan dalam materi yang bukan dari latar belakang disiplin ilmu yang dimiliki. Pada khususnya kesulitan yang dialami guru dalam menguasai materi IPS yakni (1) Kesulitan menggunakan kata-kata yang menarik karena guru menyampaikan materi menggunakan kata-kata yang sama dengan di buku. (2) Kesulitan mengingat materi baru karena faktor usia. (3) Kesulitan menggambar peta karena tidak bisa sama persis. (4) Kesulitan membayangkan contoh nyata barang karena belum pernah melihat contoh tersebut secara langsung (5) Kesulitan memotivasi karena motivasi untuk menguasai materi di luar bidangnya belum optimal. (6) Kesulitan menerima makna dengan cepat suatu istilah karena materi yang dipelajari masih baru. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh para guru untuk mengatasi kesulitan menguasaan materi IPS sebagian besar Informan melakukan berbagai upaya baik melalui forum MGMP maupun upaya yang dilakukan oleh Informan sendiri.Upaya yang dilakukan oleh para guru untuk mengatasi kesulitan dalam penyampaian materi seluruh Informan sudah mengatasi kesulitan dalam penyampaian materi IPS tetapi perlu untuk dimaksimalkan. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian guru diharapkan tidak terpaku pada kata-kata di buku dalam penyampaian materi meningkatkan intensitas belajar materi baru mencari dan menampilkan video cara menggambar peta melakukan pengalaman langsung dalam memahami materi baru meningkatkan motivasi untuk belajar materi IPS yang bukan dari bidang disiplinya dengan terus belajar untuk menambah pengetahuan dan pengalaman materi baru dan membuat peta konsep pada istilah-istilah ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39236

Actions (login required)

View Item View Item