Purnamasari, Siti Maimunah (2013) Pengembangan bahan ajar ekonomi berbasis moralitas ekonomi untuk siswa SMP 4 kelas VII di Kota Malang / Siti Maimunah Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purnamasari Siti Maimunah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Moralitas Ekonomi Untuk Siswa SMP 4 Kelas VII di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono MPd (II) Dr. Nasikh S.E.M.P M Pd. Kata kunci bahan ajar Ekonomi Ekonomi SMP/MTS moralitas ekonomi 12288 12288 12288 12288 Permasalahan moral ekonomi merupakan sorotan tajam yang terjadi di bangsa ini. Pentingnya pendidikan moral ekonomi perlu digalakan dalam kinerja pendidikan di Indonesia dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia yang bukan hanya menguasai IPTEK namun bermoral baik khususnya dalam perilaku ekonomi. Sesuatu yang bijaksana apabila upaya peningkatan moral ekonomi siswa dilaksanakan dengan diterapkannya pendidikan berbasis moralitas dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Ekonomi berbasis moralitas ekonomi dan mengetahui bahan ajar hasil pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar ekonomi berbasis moralitas ekonomi untuk siswa SMP kelas VII serta untuk mengetahui validitas isi bahan ajar ekonomi hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gall. Langkah-langkah yang digunakan dalam model pengembangan ini adalah sebagai berikut (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli (5) revisi produk awal (6) uji lapangan skala kecil dan (7) revisi produk akhir. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh 2 validator ahli menggunakan instrument validasi berupa angket tertutup yang dikembangkan sendiri serta validasi secara langsung oleh 10 orang siswa SMP Negeri 4 Malang. Data kuantitatif hasil validasi dianalisis dengan teknik rerata sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator yang kemudian digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil pengembangan adalah bahan ajar Ekonomi berbasis moralitas ekonomi untuk Siswa SMP kelas VII yang memiliki tema pentingnya moral dalam kreativitas kehidupan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kewirausahaan. Hasil pengembangan terdiri atas dua bagian yaitu bagian pendahuluan dan bagian isi. Bagian pendahuluan mencakup halaman muka (cover) kata pengantar daftar isi indikator hasil belajar dan peta konsep. Bagian isi mencakup materi pentingnya moral dalam kreativitas kehidupan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kewirausahaan aktivitas mandiri aktivitas kelompok rangkuman glosarium evaluasi dan daftar pustaka. Berdasarkan hasil uji validitas bahan ajar yang dikembangkan memperoleh nilai total rerata 3 89 atau sebesar 97 25% yang berarti memenuhi kriteria valid. Produk hasil pengembangan mengalami satu kali revisi yang berkaitan dengan penulisan dan penggunaan C3 C4 dan C6 pada soal latihan. Hasil revisi merupakan produk akhir dari pengembangan bahan ajar ekonomi berbasis moralitas ekonomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39235 |
Actions (login required)
View Item |