Masalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran ekonomi di SMA Panjura Malang / Rizky Familia - Repositori Universitas Negeri Malang

Masalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran ekonomi di SMA Panjura Malang / Rizky Familia

Familia, Rizky (2013) Masalah pengelolaan kelas dalam pembelajaran ekonomi di SMA Panjura Malang / Rizky Familia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Familia Rizky. 2013. Masalah Pengelolaan Kelas Pembelajaran Ekonomi di SMA Panjura Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono M.S. E.d. (2) Dr. Nasikh M.P. M.Pd. Kata Kunci Masalah Pengelolaan Kelas Pembelajaran Ekonomi. Tugas guru di kelas adalah mengajar dan mengelola kelas. Dalam mengajar guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Guru mengajar tidak akan lepas dari mengelola kelas karena mengelola kelas yang baik akan tercapai iklim kelas yang kondusif sehingga materi yang diserap oleh siswa semakin maksimal. Pengelolaan kelas itu sendiri memiliki tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan iklim kelas yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan optimal yang dapat menjadikan hasil belajar yang optimal pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah masalah yang berkaitan dengan pengelolaan kelas di dalam pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Panjura Malang. Informan dalam penelitian ini adalah 2 guru Ekonomi kelas 2 IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif induktif diaman peneliti memampatkan masalah pengelolaan kelas dari berbagai situasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masalah pengelolaan kelas yang dihadapi guru Ekonomi di SMA panjura beberapa diantaranya dikarenakan masalah pribadi siswa yang mengakibatkan bentuk masalah di kelas adalah siswa yang kurang berkonsentrasi kurang konsentrasi disini membuat siswa sering mengobrol dikelas beberapa siswa yang malas dalam belajar beberapa siswa yang sulit untuk diatur pada saat kerja kelompok jam pembelajaran siang yang membuat beberapa siswa malas untuk belajar. Saran dalam penelitian ini adalah Guru Ekonomi diharapkan terus mengupayakan pembelajaran yang lebih aktif menarik dan kreatif agar siswa bersemangat dalam pembelajaran Ekonomi sehingga permasalahan pengelolaan kelas pembelajaran Ekonomi terjadi seminimal mungkin serta masukan dan pengetahuan tambahan mengenai alternatif dan motivasi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Yang kedua Bagi pihak Universitas yang beroriantasi di bidang yang banyak mencetak calon guru terutama guru Ekonomi yang dapat belajar dari permasalahan pengelolaan kelas sehingga dapat mengupayakan mengatasi segala permasalahan dalam pengelolaan kelas untuk terciptanya tujuan pembelajaran. Serta bagi penelitian selanjutnya dapat memberikan gambaran yang lebih luas khususnya dalam hal pengelolaan kelas oleh guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39233

Actions (login required)

View Item View Item