Strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (studi multi kasus di Kota Malang) / Paxia Izzatul Umam Irhami - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (studi multi kasus di Kota Malang) / Paxia Izzatul Umam Irhami

Irhami, Paxia Izzatul Umam (2018) Strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (studi multi kasus di Kota Malang) / Paxia Izzatul Umam Irhami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Irhami Paxia Izzatul Umam. 2018. Strategi Kepala Sekolah dalam Pencapaian Prestasi Terbaik pada Lomba Kepala Sekolah Berprestasi (Studi Multi Kasus di Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd M.Si. (II) Dr. R. Bambang Sumarsono M.Pd. Ada berbagai upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah yang terpilih untuk meraih prestasi terbaik. Upaya apa saja yang dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah dengan jenjang yang berbeda inilah yang berusaha diungkap dalam penelitian ini dan itu yang menjadi dasar perlunya penelitian strategi kepala sekolah dalam meraih prestasi terbaik untuk diungkap lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui latar belakang kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (2) mengetahui kebiasaan kepala sekolah yang dapat menunjang pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi (3) mengetahui usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi dan (4) mengetahui faktor pendukung kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik pada lomba kepala sekolah berprestasi. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian multi kasus. Perbedaan jenjang dari ketujuh kepala sekolah yang menjadikan penelitian ini termasuk dalam studi multi kasus. Perbedaan ketujuh jenjang tersebut ialah dari tingkat TK SD SMP SMA dan SMK di Kota Malang. Kehadiran peneliti di lapangan sebanyak 67 kali dalam 10 lokasi penelitian yaitu TK Nurul Huda SDN Lesanpuro 1 SMPN 4 Malang SMPN 24 Malang SMAN 3 Malang SMAN 6 Malang SMAN 7 Malang SMAN 10 Malang SMKN 11 Malang dan SMKN 13 Malang dalam rangka pelaksanaan teknik pengumpulan data (wawancara observasi dan dokumentasi). Kesepuluh lokasi penelitian total informan sejumlah 37 orang. . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif karena dalam penelitian ini peneliti ingin menguraikan menjelaskan dan mendeskripsikan secara rinci mengenai strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik di kota Malang. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh kesimpulan berdasarkan fokus yang ada antara lain yaitu (1) latar belakang pencapaian prestasi berdasarkan lintas kasus berasal dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik (2) kebiasaan dari kepala sekolah dapat menjadi menunjang pencapaian prestasi terbaik karena melalui kebiasaan baik dapat menjadi kebutuhan jika tidak dilakukan dan dapat menjadi contoh sebagai pemimpin dalam sebuah lembaga pendidikan (3) kebiasaan kepala sekolah diklasifikasikan dalam 2 kegiatan yaitu saat kepala sekolah berada pada lingkungan sekolah dan saat di luar lingkungan sekolah dan (4) usaha yang dilakukan dalam pencapaian prestasi disini yaitu melakukan pengembangan sekolah dengan cara yang berbeda sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing salah satunya dengan pelaksanaan best practice. Pencapaian prestasi kepala sekolah tidak terlepas dari faktor pendukung yang ii menjadi alasan hingga mencapai prestasi terbaiknya dari penjelasan ketujuh kepala sekolah mengenai faktor pendukung ini tidak ada kesamaan dari semua kepala sekolah tersebut. Saran yang diberikan atau dikemukakan dengan hasil penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala sekolah dapat dijadikan bahan pembelajaran ketika akan mengikuti lomba kepala sekolah berprestasi dan juga strategi kepala sekolah dalam pencapaian prestasi terbaik ini tidak hanya dapat dilaksanakan ketika mengikuti lomba kepala sekolah berprestasi saja namun juga dapat digunakan atau diterapkan dalam kompetisi pendidikan lainnya dan (2) peneliti lain dapat menjadikan bahan kajian atau referensi ketika melakukan penelitian yang berhubungan dengan strategi kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item