Transfer pendidikan dan pembelajaran ekonomi pada produsen keripik di Lumajang / Eka Esti Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Transfer pendidikan dan pembelajaran ekonomi pada produsen keripik di Lumajang / Eka Esti Maisaroh

Maisaroh, Eka Esti (2013) Transfer pendidikan dan pembelajaran ekonomi pada produsen keripik di Lumajang / Eka Esti Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maisaroh Eka Esti. 2013. Transfer Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi pada Produsen Keripik di Lumajang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (2) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Transfer Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi. Transfer pendidikan dan pembelajaran ekonomi merupakan proses penyerapan pendidikan dan pembelajaran ekonomi oleh seseorang berdasarkan alasan-alasan pemikiran ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan keberlangsungan perekonomiannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui transfer pendidikan dan pembelajaran kedua produsen keripik di Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi (naturalistik). Data yang dihasilkan berupa data deskriptif berupa kata-kata lisan dari pihak-pihak yang menjadi narasumber dalam penelitian ini kegiatan yang dapat diamati dan gambar-gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Lumajang tepatnya di kecamatan Sumbersuko dan kecamatan Pasrujambe. Subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan UD. Kembang Jaya yang bernama Bapak Aminudin(narasumber pertama) dan pimpinan UD. Jati Hasil yang bernama Bapak Bambang(narasumber kedua). Kedua industri tersebut dipilih karena sesuai dengan kriteria industri yang diinginkan oleh peneliti yakni industri yang memiliki legalitas tinggi dan industri yang memiliki legalitas rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua narasumber melakukan transfer pemndidikan dan pembelajaran ekonomi berupa pengetahuan tentang produksi keripik. Selain itu kedua narasumber melakukan transfer of training. Transfer ini terjadi ketika proses penyerapan pendidikan dan pembelajaran ekonomi akan tetapi jenis transfer dari kedua narasumber tersebut berbeda. Jenis transfer pada arasumber pertama adalah transfer positif dan narasumber kedua adalah transfer positif dan negatif. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan bagi produsen keripik untuk tidak mengelola usahanya dengan cara lama melainkan menerapkan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Produsen keripik diharapkan untuk selalu mengembangkan pola pemikiran ekonomi agar usaha yang dikelolanya menjadi lebih maju lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39229

Actions (login required)

View Item View Item