Pengembangan media pembelajaran interaktif padaa mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Malang / Perin Wulan Yuliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif padaa mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Malang / Perin Wulan Yuliyah

Yuliyah, Perin Wulan (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif padaa mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Malang / Perin Wulan Yuliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliyah Perin Wulan. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo SE. M.Pd. Ak. (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Wondershare Quiz Creator Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan dunia pendidikan memperoleh dampak dari perkembangan tersebut. Tujuan penelitian adalah 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada pokok bahasan Ketenagakerjaan kelas XI di SMA Negeri 2 Malang semester 1 2) Menilai kemampuan media pembelajaran interkatif dalam proses pembelajaran dengan pretest dan posttest komentar dan angket dari para ahli media ahli materi dan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R D) yang dilakukan di SMA Negeri 2 Malang kelas XI D2 dan XI D4. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan analisis data penilaian subyek ahli penilaian subyek coba tingkat kesukaran soal daya pembeda soal dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam CD sedangkan tahap rancangan pengembangan yang dilakukan yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data awal 2) perencanaan 3) pembuatan produk awal 4) uji coba awal (ahli materi dan ahli media) 5) perbaikan produk awal 6) uji coba lapangan (uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan) 7) perbaikan produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji penilaian ahli materi dengan persentase total sebesar 92 5% ahli media dengan presentase total sebesar 94 6% uji coba kelompok kecil presentase total sebesar 80 3% dan uji coba lapangan presentase total sebesar 80 4%. Media pembelajaran ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat rata-rata gain score untuk XI D2 sebesar 37 76 sedangkan XI D4 sebesar 31 61. T hitung dilihat pada equal variances assumed sebesar 2 477 dengan probibilitas signifikan sebesar 0 016. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung untuk mata pelajaran Ekonomi dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item