Handiyana, Gaguk Apri (2013) Pengaruh gaya belajar dan disiplin belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi SMP Laboratorium UM semester gasal tahun ajaran 2012/2013 / Gaguk Apri Handiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handiyana Gaguk Apri. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMP LABORATORIUM UM Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013 . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd Kata Kunci gaya belajar disiplin belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pada dasarnya efektifitas belajar menunjukkan kesesuaian antara peserta didik yang memanfaatkan sumber belajar yang tersedia maupun lingkungan belajarnya dengan tujuan belajar yang telah direncanakan terlebih dahulu. Belajar peserta didik dapat dikatakan efektif apabila tujuan belajarnya tercapai yang ditunjukkan dengan hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Gaya belajar dan disiplin belajar termasuk ke dalam faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1)Bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM Tahun pada mata pelajaran ekonomi. (2) Bagaimana pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM 2012/2013 pada mata pelajaran ekonomi. (3) Bagaimana pengaruh gaya belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada mata pelajaran ekonomi. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Laboratorium UM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proprtional random sampling. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji r square dengan bantuan komputer program IBM SPSS Statistics 20. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1)Terdapat pengaruh positif signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada mata pelajaran Ekonomi. (2)Terdapat pengaruh positif signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada mata pelajaran Ekonomi. (2)Terdapat pengaruh positif signifikan gaya belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM Tahun Ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Ekonomi. Saran yang dapat peneliti berikan antara lain (1)Bagi Siswa Hendaknya siswa lebih mampu memaksimalkan gaya belajar yang dimiliki agar hasil belajar dapat tercapai secara optimal. (2)Bagi Guru Bidang Studi Hendaknya guru memahami masing-masing karekteristik gaya belajar siswa dan menerapkan beragam gaya mengajar sehingga semua siswa dapat meraih hasil belajar yang maksimal. (3)Bagi Sekolah Hendaknya sekolah terus berupaya dalam meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana belajar siswa yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta menanamkan disiplin pada siswa agar menciptakan siswa-siswa yang berkarakter disiplin baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |