Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Problem Based Learning (PBL) dan active debate untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 1 Malang / Failur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Problem Based Learning (PBL) dan active debate untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 1 Malang / Failur Rahman

Rahman, Failur (2013) Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Problem Based Learning (PBL) dan active debate untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-3 SMAN 1 Malang / Failur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahman Failur. 2012. Penerapan Pembelajaran CTL Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Active Debate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X3 SMAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos. M.Si (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata kunci Model Problem Based Learning (PBL) Active Debate Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Malang permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas X-3 yaitu mereka mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang mengharuskan siswa lebih aktif di kelas. Hal ini terjadi karena siswa yang baru mengalami peralihan dari masa sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekarang menjadi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mulai menggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning masih terlihat kurang percaya diri saat melakukan diskusi di kelas sehingga hasil yang diharapkan dengan metode tersebut masih kurang maksimal. Siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi dengan materi yang berkaitan dengan kondisi yang terjadi di sekitarnya terutama saat melakukan diskusi karena siswa masih terbiasa dengan proses pembelajaran yang hanya terfokus pada sumber belajar berupa LKS dan buku paket sehingga menyebabkan cara berpikir siswa kurang berkembang. Siswa cenderung pasif dalam menanggapi permasalahan yang berkaitan dengan lingkungn di sekitarnya. Mereka malas untuk mencari sumber belajar lain sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang mengandung unsur analisis. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model Problem Based Learning (PBL) dan Active Debate yang dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru dan lebih kritis dalam menanggapi suatu argumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan Active Debate dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 22 perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan penilaian keberhasilan tindakan.. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklusi II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Active Debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Malang. Guru ekonomi disarankan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Active Debate dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39225

Actions (login required)

View Item View Item