Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui Group Investigation (GI) yang dikolaborasikan dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Dyah Eka Putri Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui Group Investigation (GI) yang dikolaborasikan dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Dyah Eka Putri Purnamasari

Purnamasari, Dyah Eka Putri (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui Group Investigation (GI) yang dikolaborasikan dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMPN 21 Malang / Dyah Eka Putri Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purnamasari Dyah Eka Putri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Group Investigation (GI) yang Dikolaborasikan dengan Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 21 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Grisvia Agustin S.E. M.Sc (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd Kata Kunci Group Investigation Talking Stick Aktivitas belajar Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 21 Malang diketahui bahwa pembelajaran ekonomi yang dilakukan masih cenderung di dominasi oleh guru. Siswa cenderung pasif hanya beberapa siswa yang aktif. Hasil belajar siswa masih ada yang berada di bawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan yaitu 75. Fasilitas yang ada di kelas VIII-2 sangat lengkap namun belum dimaksimalkan untuk pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif melalui Group investigation yang dikolaborasikan dengan talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini menggunakan perpaduan model pembelajaran group investigation dan talking stick. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 28 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Dari penelitian ini diperoleh data mengenai penerapan kolaborasi model pembelajaran group investigation dan talking stick aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dengan cara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII-2. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan visual activity dari 73 5% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Oral activity meningkat dari 56% pada siklus 1 menjadi 70% pada siklus II. Listening activity meningkat dari 77% pada siklus I menjadi 92% siklus II. Writing activity meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Mental activity meningkat dari 84% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Emotional activity meningkat dari 83% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. hasil belajar siswa meningkat hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 68% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran group investigation dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang. Disarankan kepada guru IPS Terpadu (ekonomi) untuk menerapkan model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39224

Actions (login required)

View Item View Item