Rakhmawati, Siti (2013) Pengaruh minat baca di perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Siti Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rakhmawati Siti. 2013. Pengaruh Minat Baca di Perpustakan dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Minat Baca Ketersediaan Sumber Belajar Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam kehidupan bangsa dan negara. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan suatu bangsa. Keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh. prestasi belajar adalah hasil belajar nilai pelajaran sekolah yang dicapai oleh siswa berdasarkan kemampuannya dan usahanya dalam belajar. Prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai dari suatu proses belajar yang telah dilakukan. Menurut ahli pendidikan ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah faktor internal ( faktor jasmani (faktor kesehatan cacat tubuh) faktor spikologis (kecerdasan perhatian minat bakat motivasi kematangan kesiapan dan faktor kelelahan) dan faktor eksternal (keadaan keluarga keadaan sekolah keadaan masyarakat ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca siswa di perpustakaan dan ketersediaan sumber belajar siswa di rumah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yaitu untuk menemukan ada tidaknya pengaruh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 20 Malang yang berjumlah 268 siswa dengan sampel 160 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai ulangan dan harian serta nilai hasil ujian akhir semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan minat baca siswa di perpustakaan 2) terdapat pengaruh ketersediaan sumber belajar siswa di rumah 3) terdapat pengaruh minat baca siswa diperpustakaan sekolah dan ketersediaan sumber belajar siswa dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) diharapkan sekolah merencanakan dan melaksanakan wajib kunjung di perpustakaan sekolah (b) bagi guru mengadakan proses belajar yang melibatkan perpustakaan sekolah melalui kegiatan berkunjung ke perpustakaan menugaskan siswa untuk mencari informasi tambahan di perpustakaan untuk memperkaya pengetahuan dan menugaskan siswa untuk membaca dan mencari berbagai sumber referensi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |