Juliyani, Ilda Rizkya (2013) Persepsi siswa tentang perilaku konsumtif (studi kasus di SMA Negeri 3 Malang) / Ilda Rizkya Juliyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Juliyani Ilda Rizkya. 2013. Persepsi Siswa Tentang Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Di SMA Negeri 3 Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed (2) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M Kata Kunci Persepsi siswa Perilaku Konsumtif Dalam memenuhi kebutuhannya konsumen seringkali didorong oleh motif tertentu untuk mendapatkan produk/jasa. Motif konsumsi yang berkembang pada masyarakat modern saat ini lebih banyak mengarah pada emosional motif daripada rasional motif. Fenomena ini tidak hanya dialami oleh masyarakat dewasa saja melainkan juga dialami oleh remaja. Remaja sering dijadikan target bagi pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik mereka yang labil spesifik dan mudah dipengaruhi sehingga akhirnya mendorong munculnya berbagai gejala dalam perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang perilaku konsumtif mengetahui konsumsi siswa dalam kehidupan sehari-hari dan mengetahui apakah sama persepsi dan konsumsi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 3 Malang yang merupakan salah satu sekolah unggulan dengan tingkat sosial ekonomi orang tua menengah keatas. Informan dalam penelitian ini adalah empat siswa SMA Negeri 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang sudah benar dalam mengartikan istilah perilaku konsumtif yaitu perilaku konsumsi yang berlebihan tidak sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan konsumsi laki-laki dan perempuan adalah berbeda. Konsumen laki-laki lebih mementingkan kebutuhannya sebaliknya konsumen perempuan lebih mengutamakan keinginannya. Faktor yang paling mempengaruhi siswa dalam berperilaku yang tidak sesuai dengan persepsinya adalah faktor pengaruh kelompok referensi gaya hidup dan pendapatan yang mereka miliki. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kualitas pembelajaran ekonomi dan pemahaman konsep ekonomi sebagai upaya peningkatan kualitas output sekolah. (2) Bagi guru hendaknya meningkatkan kualiatas pembelajaran dan memberikan arahan pada siswa pemahaman konsep dasar ekonomi serta penerapannya pada kehidupan sehari-hari bukan hanya menekankan pada teori di buku saja. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan fokus yang lainnya sehingga dapat memperbaiki penelitian yang telah ada serta bisa menjadi acuan untuk lebih meluruskan perilaku konsumsi siswa agar tidak cenderung ke arah perilaku konsumtif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |