Pola konsumsi siswa ditinjau dari latar belakang status sosial ekonomi orang tua, intensitas serapan atas iklan di media massa, hubungan sosial, dan pemahaman pada mata pelajaran ekonomi / Kurniawan Catur Adiputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola konsumsi siswa ditinjau dari latar belakang status sosial ekonomi orang tua, intensitas serapan atas iklan di media massa, hubungan sosial, dan pemahaman pada mata pelajaran ekonomi / Kurniawan Catur Adiputra

Adiputra, Kurniawan Catur (2013) Pola konsumsi siswa ditinjau dari latar belakang status sosial ekonomi orang tua, intensitas serapan atas iklan di media massa, hubungan sosial, dan pemahaman pada mata pelajaran ekonomi / Kurniawan Catur Adiputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adiputra Kurniawan Catur.2013. Pola Konsumsi Siswa Ditinjau Dari Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua Intensitas Serapan Atas Iklan di Media Massa Hubungan Sosial dan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si Kata Kunci Pola Konsumsi Siswa Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua Intensitas Serapan Atas Iklan di Media Massa Hubungan Sosial Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Kebutuhan dan keinginan manusia yang semakin meningkat menyebabkan pola konsumsi yang irasional akan semakin naik pula terlebih lagi di era globalisasi yang banyak dipengaruhi oleh iklan di media massa hubungan sosial yang merujuk pada membentuk kelompok-kelompok tertentu dan juga dapat dilihat pada pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi yang telah didapat di sekolah serta juga bisa diukur oleh status sosial ekonomi orang tua. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua intensitas serapan atas iklan di media massa hubungan sosial dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap pola konsumsi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatori karena bertujuan menjelas-kan bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batu yang berjumlah 318 siswa dengan rumus slovin untuk pengambilan sampel dan dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling sehingga ditemukan 177 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan mengisi soal tes. Sebelum penelitian angket dan soal tes di uji instrument dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi pola konsumsi siswa SMA Negeri 1 Batu. Semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi pula pola konsumtif siswa. Kedua intensitas serapan atas iklan di media massa mempengaruhi pola konsumsi siswa SMA Negeri 1 Batu. Keberadaan iklan yang semakin mudah dijumpai menyebabkan siswa mudah menyerap pesan iklan iklan dan diterapkan dalam pola konsum-sinya. Ketiga hubungan sosial mempengaruhi pola konsumsi siswa SMA Negeri 1 Batu. Kekaguman dan kedekatan siswa pada seorang atau kelompok dapat mempengaruhi pola perilaku konsumsi atau gaya hidup konsumsi siswa. Keempat pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi mempengaruhi siswa SMA Negeri 1 Batu. Semakin tinggi pemahaman siswa tentang ekonomi semakin menurunkan pola konsumsi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39220

Actions (login required)

View Item View Item