Hubungan antara kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja guru di SMK Kota Batu / Ismaya Priska Kumala

Kumala, Ismaya Priska (2018) Hubungan antara kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja guru di SMK Kota Batu / Ismaya Priska Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kumala, Ismaya Priska. 2018. Hubungan antara Kepuasan Kerja, Kompetensi, dan Kinerja Guru di SMK Kota Batu. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed, Ph.D., (II) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. Kata Kunci: kepuasan kerja, kompetensi, kinerja Kinerja guru merupakan salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Kinerja guru bisa tinggi jika kompetensi yang dimiliki guru juga memadai, sehingga menghasilkan kepuasan kerja yang tinggi pula. Tingkat kepuasan kerja guru dapat berdampak pada kinerja seorang guru, dan terhadap lembaga pendidikan tempat dia bekerja. Guru adalah sumber daya sentral dalam pendidikan. Untuk dapat meraih kinerja yang baik itu, maka guru-guru harus mampu menguasai berbagai kompetensi yang diperlukan dalam mendukung pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kepuasan kerja Guru di SMK Kota Batu, (2) tingkat kompetensi Guru di SMK Kota Batu, (3) tingkat kualitas kinerja Guru di SMK Kota Batu, (4) hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja Guru di SMK Kota Batu, (5) hubungan antara kompetensi dan kinerja Guru di SMK Kota Batu, (6) hubungan antara kepuasan kerja dan kompetensi Guru di SMK Kota, dan (7) hubungan antara kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja Guru di SMK Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan multiple correlational multivariate. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis product moment pearson, dan analisis korelasi ganda dengan jumlah populasi Guru di SMK Kota Batu sebanyak 343 orang, sampel berjumlah 185 orang. Pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan 132 item pernyataan dan pilihan jawaban skala likert interval 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kepuasan kerja Guru di SMK Kota Batu tinggi, (2) tingkat kompetensi Guru di SMK Kota Batu tinggi, (3) tingkat kualitas kinerja Guru di SMK Kota Batu tinggi, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja dan kinerja Guru di SMK Kota Batu, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja Guru di SMK Kota Batu, (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja dan kompetensi Guru di SMK Kota Batu, dan (7) terdapat hubungan yang positif signifikan dan kuat antara kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja guru di SMK Kota Batu, hal tersebut dapat diartikan bahwasannya semakin tinggi tingkat kepuasan kerja dan kompetensi maka akan semakin tinggi pula kinerja Guru. Saran penelitian ditujukan kepada (1) Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Batu, diharapkan terus meningkatkan kepuasan kerja dan dapat bekerja secara maksimal dan efektif serta efisien sehingga kompetensi memadai, (2) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu yaitu memberikan perhatian penuh dan khusus bagi pendidik yaitu Guru untuk dapat vi meningkatkan kembali kepuasan kerja dan kompetensi, sehingga kualitas kinerja yang dihasilkan akan maksimal, (3) Kepala Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Batu, sebaiknya Kepala sekolah diharapkan mampu mewujudkan dan meningkatkan kembali kinerja Guru. Hal tersebut dapat direalisasikan apabila Kepala Sekolah dapat memerhatikan dua aspek yang ada yaitu kepuasan kerja dan kompetensi Guru, (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, diharapkan dapat mencermati kembali silabus matakuliah Supervisi Pendidikan agar memasukkan kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja Guru ke dalam silabus, (5) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, dapat mengamalkan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasan kepada semua kalangan khususnya sivitas akademik dan menjadi bahan diskusi ketika di perkuliahan matakuliah Supervisi Pendidikan dan Manajemen Sumber Daya Manusia maupun di luar perkuliahan, dan (6) Peneliti Selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis, disarankan untuk menggunakan variabel lain seperti kepuasan siswa terhadap kinerja Guru. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan pendekatan kualitatif sehingga memperoleh data dan hasil penelitian secara luas, mendalam, dan komprehensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item