Penerapan metode mind mapping dan media video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang / Muhamad Fatoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode mind mapping dan media video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang / Muhamad Fatoni

Fatoni, Muhamad (2013) Penerapan metode mind mapping dan media video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang / Muhamad Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatoni Muhamad. 2013. Penerapan Metode Mind Mapping dan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Agus Sumanto S.E. M.S.A. (II) Ro ufah Inayati M.Pd. Kata Kunci mind mapping media video dan hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 31 Oktober 2012 dengan guru IPS Terpadu SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa siswa cenderung ramai kurang penuh konsentrasi kurang kesadaran membuat catatan materi dan media yang digunakan guru kurang bervariatif. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu metode dan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adapun cara yang digunakan yaitu metode mind mapping dan media video hal ini diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah siswa 37 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan pada tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar pada ranah kognitif. Data yang diperoleh dapat diketahui berdasarkan penerapan metode mind mapping dan media video. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes (pre test dan post test) lembar observasi kegiatan guru lembar catatan lapangan pedoman wawancara dan angket respon siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas VIII-G setelah diterapkannya metode mind mapping dan media video. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya presentase ketuntasan hasil pre test dan post test dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil pre test sebesar 37 83% sedangkan ketuntasan hasil post test sebesar 81 08%. Pada siklus II ketuntasan hasil pre test sebesar 83 78% sedangkan ketuntasan hasil post test sebesar 94 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-G SMP Negeri 7 Malang. Dan disarankan kepada guru mata pelajaran IPS Terpadu untuk menerapkan metode mind mapping dan media video sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item