Rahmawati, Wenni (2013) Implementasi pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri Kota Malang (studi multi situs: SMPN 1 Malang, SMPN 13 Malang, SMPN 17 Malang) / Wenni Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawati Wenni. 2013. Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Malang (Studi Multi Situs SMPN 1 SMPN 13 dan SMPN 17) . Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E. M. P. Ak Kata Kunci Implemetasi Pembelajaran IPS Terpadu. 12288 12288 12288 12288 Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi bahwa substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan IPA Terpadu dan IPS Terpadu demikian pula substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP/MTs juga merupakan IPA Terpadu dan IPS Terpadu . Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan penelitian diperoleh informasi bahwa guru bidang studi IPS mengalami kesulitan dalam perubahan kurikulum mata pelajaran menjadi IPS Terpadu yang terintegrasi dengan isi bidang studi ilmu sosial seperti ekonomi geografi sosiologi dan sejarah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pemahaman guru mengenai IPS Terpadu (2) Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Kualitatif studi multi situs dengan jenis penelitian interpretatif fenomenologi yang dilaksanakan di tiga tempat (situs). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data penyajian data dan verifikasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) Pemahaman guru mengenai IPS Terpadu cukup baik untuk mengerti pengertian dan tujuan pembelajaran. (2) Persiapan guru dalam perencanaan pebelajaran telah sesuai dengan peraturan menteri dan disusun bersama dalam musayawarah guru mata pelajaran. Penilaian sendiri berusaha selalu berbasis kelas dengan melihat aspek kognitif dan efekstif peserta didik. Implementasi guru sendiri dalam penerapan pembelajaran di kelas masih kurang untuk menuju pembelajaran yang tematik namun telah berusaha mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari maupun pokok bahasan dalam IPS itu sendiri. Penggunaan sumber dan media pembelajaran di SMPN 13 dan SMPN 17 masih kurang optimal karena terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diambil sekolah lebih meningkatkan pelatian IPS Terpadu untuk guru bidang studi IPS Terpadu dan aktif untuk melakukan pengawasan kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas agar mutu dan kualitas pendidikan nasional semakin baik. Sedangkan bagi guru di tiga sekolah yang diteliti diharapkan mampu mengembangkan peragkat pelajaran khususnya silabus dan RPP secara mandiri. Menggunakan metode yang bervariasi inovatif kreatif dan menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran serta guru diharapkan selalu memperdalam pengetahuan IPS terpadu agar peserta didik mudah dalam menerima pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39218 |
Actions (login required)
View Item |