Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-I SMP Negeri 13 Malang / Almira Elian Faymi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-I SMP Negeri 13 Malang / Almira Elian Faymi

Faymi, Almira Elian (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-I SMP Negeri 13 Malang / Almira Elian Faymi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faymi Almira Elian. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII-I di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi.Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M. Si (II) Dr. Sugeng hadi Utomo M. Ec Kata kunci Numbered Heads Together aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dalam penelitian ini dilakukan pada saat peneliti melakukan kegiatan PPL diketahui pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang belum sepenuhnya menggunakan metode kooperatif yang melibatkan siswa secara aktif. Selama ini pembelajaran di SMP Negeri 13 Malang masih menggunakan metode ceramah. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peserta didik dianggap sudah belajar apabila mereka sudah menghafal materi yang telah diajarkan. Kebiasaan menghafal tersebut membawa dampak buruk pada peserta didik mereka tidak dapat memahami makna pembelajaran yang sesungguhnya. Untuk mengatasi hal ini di perlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu pembelajaran Penerapan Pembelajaran Kooperatif model Numbered Heads Together yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 13 Malang dengan jumlah 37 siswa yang terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan tahun ajaran 2012-2013. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar dari ranah kognitif yang di ambil dari Penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif Model Numbered Heads Together. Instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VII-I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persentase aktivitas siswa siklus I yang meningkat sebesar 52 32% dari siklus I sebesar 56 76% dan pada siklus II sebesar 86 49%. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 9 36% dari siklus I sebesar 86 5% dan pada siklus II sebesar 94 6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Togehter berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-I di SMP Negeri 19 Malang. Guru mata pelajaran IPS disarankan menerapkan Penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif Model Numbered Heads Together sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39214

Actions (login required)

View Item View Item