Prahesti, Endah Prasetyana Eka (2013) Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS bidang ekonomi di SMPN 21 Malang / Endah Prasetyana Eka Prahesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prasetyana Endah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Bidang Ekonomi Di SMPN 21 Malang.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si. (II) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M Kata kunci Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) media gambar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penerapan pembelajaran yang diterapkan guru mata pelajaran ekonomi seringkali hanya menggunakan metode ceramah. Terkait dengan metode pembelajaran tidak semua guru mampu menerapkan metode pembelajaran yang inovatif karena mereka beranggapan bahwa menggunakan metode ceramah (konvensional) terasa lebih nyaman tidak memerlukan waktu lama dan kondisi kelas yang dapat dikontrol. Namun hal ini sering menyebabkan siswa merasa bosan. Untuk mengatasi hal tersebut pembelajaran perlu diubah orientasinya dari pembelajaran berorientasi pada guru (teacher-oriented) menjadi yang berorientasi pada siswa (student-oriented). Salah satunya dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) dan menggunakan media berupa gambar. Penelitian di SMP Negeri 21 Malang untuk mengetahui (1) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif model TGT (Team Games Tournament) dengan Media Gambar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 21 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2013 sampai 14 Maret 2013. Subyek penelitian model TGT adalah siswa kelas VIII.7 SMPN 21 Malang yang terdiri dari 38 siswa 18 perempuan dan 20 laki-laki pada semester genap 2012/2013. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas uji reabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui pre test dan post test (siklus I dan siklus II). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data yang diperoleh setelah penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian pembelajaran kooperatif model TGT dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya ekonomi kelas VIII SMP Negeri 21 Malang. Pada siklus I menunjukkan hasil belajar siswa ranah kognitif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 74 72% pada siklus I meningkat menjadi 84 30% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |