Kusumaningrum, Debby (2013) Pengaruh kebiasaan belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Debby Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusumaningrum Debby. 2013. Pengaruh Kebiasaan Belajar Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 7 Malang Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. (II) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Kecerdasan Emosional Kecerdasan Intelektual Hasil Belajar Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah peningkatan kualitas kegiatan belajar. Kebiasaan belajar merupakan pembiasaan belajar yang dilakukan siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar. Pada kecakapan hidup siswa sekolah menengah atas (SMA) kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual yang baik dapat meningkatkan hasil belajarnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa antara lain (1) kebiasaan belajar (2) kecerdasan emosional (3) kecerdasan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (3) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa (4) pengaruh kebiasaan belajar kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN 7 Malang. Sampel yang digunakan adalah kelas XI yang berjumlah 114 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket tentang kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional dan dokumentasi nilai rapor semester gasal 2012/2013. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda asumsi klasik uji t dan uji F pada program SPSS for Windows versi 18 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (2) terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar (3) terdapat pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar (4) terdapat pengaruh kebiasaan belajar kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar. Berdasarkan analisis data melalui uji t yang diuraikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dapat dilihat pada sumbangan secara parsial sebesar 16 3% dan bernilai positif. Untuk kecerdasan emosional berpengaruh secara secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dapat dilihat pada sumbangan secara parsial sebesar 15% dan bernilai positif. Sedangkan kecerdasan intelektual berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dapat dilihat pada sumbangan sebesar secara parsial sebesar 16 1% dan bernilai positif. Secara simultan terdapat pengaruh antara variabel kebiasaan ii belajar kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Dapat dilihat dari hasil analisis pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square (R2) 0 474 atau pengaruhnya sebesar 47 4%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) bagi siswa untuk terus meningkatkan kebiasaan belajarnya dan selalu mengoptimalkan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual agar dapat meningkatkan hasil belajarnya. (2) bagi guru dapat selalu meningkatkan kebiasaan belajar dan memanfaatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Selain itu selalu memberikan arahan dan memotivasi peserta didik untuk selalu mengoptimalkan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. (3) bagi peneliti selanjutnya untuk dapat memperluas variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini karena pada dasarnya masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa misalnya faktor internal motivasi bakat minat dan faktor eksternal misalnya fasilitas belajar lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39211 |
Actions (login required)
View Item |