Pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 5 Malang / Mita D. Nirmalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 5 Malang / Mita D. Nirmalasari

Nirmalasari, Mita D. (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang sistem moving class dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 5 Malang / Mita D. Nirmalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sistem Moving Class dan Motivasi Belajar Pelaksanaan pembelajaran yang bersifat konvensional/menetap seringkali membuat siswa merasa bosan dalam menerima pembelajaran. Model pembelajaran Moving Class merupakan salah satu cara yang digunakan sekolah untuk mengatasi hal tersebut. Sistem Moving Class yaitu siswa harus berpindah atau bergerak menuju kelas sesuai jadwal dan jam pelajaran. Melalui Sistem Moving Class diharapkan akan berpengaruh terhadap perilaku siswa yang nampak dalam motivasi belajar siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang (3) pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class dan motivasi belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Malang yang berjumlah 264 siswa. Sampel sebanyak 73 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang Sistem Moving Class dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang Sistem Moving Class dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39210

Actions (login required)

View Item View Item