Faktor-Faktor Motivasi yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang / Farida Nuraini

Nuraini, Farida (2018) Faktor-Faktor Motivasi yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang / Farida Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuraini, F. 2018. Faktor-Faktor Motivasi yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed., Ph.D., dan (2) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd. Kata Kunci: motivasi, loyalitas anggota OSIS Pembinaan OSIS merupakan bentuk perhatian dan usaha pemerintah sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional yang berada pada tingkat SMP dan SMA atau sederajat di Indonesia. Peran OSIS tidak akan maksimal tanpa adanya loyalitas dari anggota. Loyalitas anggota berkaitan dengan partisipasi yang ditunjukkan oleh anggota. Loyalitas yang ditunjukkan Anggota OSIS juga dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi yang dimiliki anggota akan mendorong mereka untuk melaksanakan kepentingan organisasi. Namun pada kenyataanya loyalitas Anggota OSIS masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) faktor-faktor motivasi Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang; (2) faktor-faktor loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang; (3) tingkat motivasi Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang; (4) tingkat loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang; dan (5) pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor loyalitas Anggota OSIS di SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Terdapat beberapa teknik analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis faktor; (2) deskriptif; (3) regresi; dan (4) regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri se-Kota Malang selaku Anggota OSIS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dan purposive sampling, dan dihasilkan jumlah sampel sebanyak 353 peserta didik. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis faktor, analisis deskriptif, regresi, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor motivasi Anggota OSIS, meliputi: (a) kebutuhan fisiologis, (b) kebutuhan keamanan, (c) kebutuhan sosial, (d) kebutuhan penghargaan, dan (e) kebutuhan aktualisasi diri; (2) faktor-faktor loyalitas Anggota OSIS, meliputi: (a) keanggotaan dan (b) tugas; (3) tingkat motivasi Anggota OSIS, meliputi: (a) faktor kebutuhan fisiologis dalam kategori tinggi, (b) kebutuhan keamanan dalam kategori tinggi, (c) kebutuhan sosial dalam kategori tinggi, (d) kebutuhan penghargaan dalam kategori sedang, dan (e) kebutuhan aktualisasi diri dalam kategori tinggi; (4) tingkat loyalitas Anggota OSIS, meliputi: (a) faktor keanggotaan dalam kategori sedang, dan (b) tugas dalam kategori tinggi; (5) Secara umum terdapat pengaruh motivasi terhadap loyalitas. Secara simultan faktor fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri berpengaruh terhadap loyalitas keanggotaan. Secara parsial kebutuhan fisiologis, keamanan, dan sosial tidak berpengaruh terhadap loyalitas keanggotaan. Adapun penghargaan dan aktualisasi diri vi berpengaruh terhadap loyalitas keanggotaan. Hasil lain menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh faktor kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri terhadap faktor loyalitas tugas. Secara parsial kebutuhan fisiologis dan keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas keanggotaan. Adapun sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri berpengaruh terhadap loyalitas keanggotaan. Saran yang dapat diberikan antara lain bagi: (1) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, menjadi referensi bagi jurusan sesuai dengan substansi menajemen pendidikan khususnya manajemen peserta didik terkait faktor-faktor motivasi dan pengaruhnya terhadap loyalitas Anggota OSIS; (2) Kepala SMA Negeri se-Kota Malang, lebih meningkatkan motivasi anggota untuk lebih aktif mengikuti kegiatan OSIS dengan memberikan penghargaan bagi anggota; (3) Pembina OSIS SMA Negeri se-Kota Malang, lebih meningkatkan motivasi anggota untuk lebih aktif mengikuti kegiatan OSIS karena berpengaruh terhadap aktualisasi diri anggota; (4) Ketua OSIS SMA Negeri se-Kota Malang, lebih meningkatkan motivasi anggota untuk lebih aktif terhadap kegiatan OSIS dengan memberikan penghargaan dan memberikan pengertian bahwa peran OSIS berpengaruh terhadap aktualisasi diri anggota; (5) Anggota OSIS SMA Negeri se-Kota Malang, lebih meningkatkan motivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan OSIS; dan (6) Peneliti Lain, dapat menjadi rujukan untuk melakukan penelitian terhadap OSIS dan peserta didik dalam faktor-faktor dan variabel-variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item