Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasiu belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun / Dodik Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasiu belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun / Dodik Wibowo

Wibowo, Dodik (2013) Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasiu belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun / Dodik Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengaruh minat baca pemanfaatan perpustakaan prestasi belajar Minat sebagai salah satu aspek psikologis dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang sifatnya dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Begitu pentingnya minat baca siswa dalam memahami pelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang baik sehingga minat baca tiap siswa sebaiknya perlu terus ditingkatkan. Selain minat faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar yang baik adalah sumber belajar. Salah satu sumber belajar itu adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya perpustakaan pelajar dapat dengan mudah mendapatkan referensi dari setiap materi yang diajarkan oleh gurunya di kelas. Melalui penyediaan perpustakaan siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun. (2) ) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun. (3) ) pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMAN 1 Talun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Talun. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh anggota populasi merupakan sampel penelitian. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linier berganda uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji r square dengan bantuan komputer program SPSS 1 7.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan secara parsial minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. t sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Dan hasil analisis data menunjukkan secara parsial pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. t sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Sedangkan secara simultan pengaruh minat baca dan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig. F sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kealas XI SMAN 1 Talun. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Siswa kelas XI SMAN 1 Talun. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat baca dan pemanfaatan perpustakaan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMAN 1 Talun variabel-variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Talun. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Bagi sekolah sekolah diharapkan memperhatikan kebutuhan dan memberikan wawasan serta pemahaman kepada siswa agar siswa dapat memanfaatkan perpustakaan sehingga dapat mendukung kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar secara maksimal dan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Yaitu dengan cara terus mengupdate buku-buku pelajaran terbaru serta pelayanan perpustakaan yang lebih ramah sehingga siswa lebih semangat serta tertarik untuk belajar dan memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal. (2) Bagi Guru Hendaknya guru SMAN 1 Talun utamanya guru mata pelajaran ekonomi selalu memperhatikan perkembangan pendidikan para siswa dengan lebih memperhatikan perkembangan dan mempertahankan minat belajar dan minat baca siswa. Serta dalam pemanfaatan perpustakaan di sekolah harus di maksimalkan keberadaannya sehingga para siswa lebih aktif dalam membaca buku-buku materi tentang ekonomi. Cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan minat baca siswa yaitu dengan memberikan tugas pada siswa untuk meminjam majalah ekonomi terbaru diperpustakaan kemudian siswa diwajibkan untuk membuat opini tentang kejadian ekonomi yang terbaru. Selain itu setiap pembahasan bab baru siswa diberikan tugas untuk membuat peta konsep tentang materi sehingga siswa akan membaca materi pelajaran untuk membuat peta konsep. Bagi peneliti selanjutnya Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai minat baca dan pemanfaatan perpustakaan dengan menambah kajian variable yang lain karena masih banyak faktor-faktor yang sekiranya dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Terutama pada poin pengaruh teman pergaulan pada prestasi belajar karena teman pergaulan sangat mempengaruhi siswa dalam belajar minat bacanya serta keputusan siswa untuk lebih memanfaatkan perpustakaan untuk belajar atau ke kantin bermain bola atau melakukan aktifitas lainya yang mengurangi atau bahkan mengganggu belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39209

Actions (login required)

View Item View Item