Raynangge, Brilian Eby (2013) Pengaruh teman sebaya, pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) dan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Brilian Eby Raynangge. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Teman sebaya Pengetahuan Dasar Ekonomi (Economics Literacy) Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Perilaku Konsumsi. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia pemerintah telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup atau life skill education. Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsinya harus bersifat rasional karena manusia adalah mahkluk homoeconomicus. Rasionalitas dalam berkonsumsi ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti teman sebaya pengetahuan dasar ekonomi dan pembelajaran mata pelajaran ekonomi di sekolah. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. (2) Bagaimana pengaruh pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. (4) Bagaimana pengaruh teman sebaya pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) dan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling . Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik analisis regresi linier berganda uji hipotesis dengan uji t dan uji F serta uji r square dengan bantuan komputer progam SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa secara parsial teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Dan secara parsial pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Dan secara parsial pula pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 003) 0 05 ( 593 ). Sedangkan secara simultan pengaruh teman sebaya pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) dan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dengan nilai sig. F sebesar (0 000) 0 05 ( 593 ). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan teman sebaya pengetahuan dasar ekonomi (economics literacy) dan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas VIII SMPN 4 Malang. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya mempertahankan dan terus memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan arahan pada siswa tentang materi pembelajaran dan pemahaman tentang konsep dasar ekonomi agar tercapai tujuan pembelajaran ekonomi sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan menggunakan metode- metode yang kreatif dan inovatif. (2) Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kualitas pembelajaran ekonomi dan pemahaman pengetahuan dasar ekonomi (Economics Literacy) baik melalui pelajaran maupun kegiatan lain yang mendukung sebagai upaya peningkatan kualitas output sekolah. (3) bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah pendidikan ekonomi maupun pembelajaran ekonomi. Bisa dilakukan melalui merefleksikan penelitian ini pada daerah-daerah lain dengan menggunakan pengembangan variabel-variabel baru yang belum dikaji dan distudi dalam penelitian ini sehingga berguna sebagai tambahan pengetahuan kajian dan referensi untuk permasalahan yang berkaitan dengan masalah penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |