Pengaruh model pembelajaran snow ball throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII mata pelajaran ekonimi di SMP Negeri 4 Malang / Citra Marita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran snow ball throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII mata pelajaran ekonimi di SMP Negeri 4 Malang / Citra Marita Sari

Sari, Citra Marita (2013) Pengaruh model pembelajaran snow ball throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII mata pelajaran ekonimi di SMP Negeri 4 Malang / Citra Marita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Model Pembelajaran Snow Ball Throwing Hasil Belajar Kognitif. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah memerlukan fasilitator agar tujuan pembelajaran tercapai salah satunya adalah guru. Guru sebagai fasilitator harus mampu memilih dan menentukan model pembelajaran yang tepat dengan pokok bahasan yang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama hasil belajar kognitifnya. SMP N 4 Malang pada mata pelajaran Ekonomi kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang membosankan. Akibat dari membosankannya pembelajaran tersebut hasil belajar siswa di SMP N 4 Malang cenderung rendah terutama pada hasil belajar kognitifnya. Hasil belajar kognitif adalah hasil belajar seorang siswa yang dilihat dari kemampuan berpikir termasuk di dalamnya mengaplikasi menganalisis mensintesis dan kemampuan evaluasi. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memberikan model pembelajaran Snow Ball Throwing dalam model ini siswa dituntut untuk berpikir mengajukan pertanyaan dan menjawab dikaitkan dengan materi pelajaran yang mendorong siswa berdiskusi kelompok secara aktif sehingga pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan. Model pembelajaran Snow Ball Throwing untuk mata pelajaran Ekonomi khususnya materi Pajak di SMP Negeri 4 Malang belum pernah diteliti sehingga diduga bahwa model pembelajaran tersebut akan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 4 Malang mata pelajaran ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran Snow Ball Throwing 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 4 Malang mata pelajaran ekonomi yang diajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snow Ball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Ekonomi SMP N 4 Malang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dan jenis dari Quasi Experimental Design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design hal ini dikarenakan aspek random tidak dapat digunakan. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode ceramah dan tanya jawab dan kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Snow Ball Throwing. Pemilihan sampel kelas adalah dengan Purposive Sampling yang berarti bahwa peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu yang dimaksud adalah dengan melihat nilai rata-rata ulangan harian siswa materi sebelumnya (materi Sistem Perekonomian Indonesia) serta berdasarkan saran dari guru ekonomi bahwa dua kelas yang dipilih memiliki masalah dalam hasil belajarnya. Dua kelas yang dipilih adalah kelas VIII C dengan nilai rata-rata ulangan harian sebelumnya adalah 74 25 dan kelas VIII F dengan nilai rata-rata ulangan harian sebelumnya dalah 74 10. Kelas VIII C digunakan sebagai kelas kontrol atau menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sedangkan kelas VIII F digunakan sebagai kelas eksperimen atau menggunakan model pembelajaran Snow Ball Throwing. Materi yang digunakan adalah materi pajak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pre-test dan soal post-test beserta dengan indikator soal dan kisi-kisi soal. Soal pre-test dan soal post-test adalah sama berjumlah 25 soal dengan menentukan ranah kognitifnya. Validasi soal dilakukan sebanyak dua kali yang pertama adalah validasi ahli kemudian validasi butir soal dan reliabilitasnya. Analisis data dengan menggunakan uji t setelah sebelumnya di uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Soal pre-test setelah di uji normalitas dan uji homogenitas kemudian di lanjutkan uji kesamaan dua rata-rata untuk mengetahui apakah kedua kelas memiliki kemampuan yang sama sedangkan soal post-test setelah di uji normalitas dan uji homogenitas kemudian di lanjutkan uji hipotesis untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh model pembelajaran Snow Ball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP N 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian soal pre-test maupun soal post-test di uji normalitas dan uji homogenitas dan keduanya lolos uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan uji hipotesis. Ho tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen/ tidak ada pengaruh model pembelajaran Snow Ball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa. H1 ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen/ada pengaruh model pembelajaran Snow Ball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa apabila nilai sig(2-tailed) 0 05 maka HO diterima. Soal pre-test kemudian di uji kesamaan dua rata-rata dan hasilnya nilai sig (2-tailed) 0 159 sig ( 945 0 05) maka Ho diterima yang berarti bahwa kemampuan awal siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan adalah sama. Soal post-test kemudian di uji hipotesis dan hasilnya nilai sig (2-tailed) 0 02

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39207

Actions (login required)

View Item View Item