Penerapan pembelajaran metode mind mapping perpaduan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lysia Novarinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran metode mind mapping perpaduan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lysia Novarinda

Novarinda, Lysia (2013) Penerapan pembelajaran metode mind mapping perpaduan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Lysia Novarinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Numbered Heands Together dan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 1 Februari 2013 dengan guru Ekonomi SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa siswa cenderung malas untuk mencatat hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher oriented dimana keadaan ini dapat menjadikan permasalahan di dalam kelas. Siswa masih sering melakukan aktivitas mendengar selama proses pembelajaran berlangsung. Lebih lanjut diperoleh keterangan bahwa kegiatan diskusi kelompok sederhana juga telah diterapkan oleh guru mengurangi sikap siswa yang memiliki kebiasaan tidak baik didalam kelas diantaranya bergurau dengan temannya ada yang sering kali tidur-tiduran. Siswa kebanyakan belajar hanya dari modul dan mereka menghafal dari modul tanpa memahaminya. Dari permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa terbukti pada nilai evaluasi 55% nilai siswa dibawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Keadaan seperti itu menjadikan siswa cenderung bosan dan pasif. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu model pembelajaranMind Mapping perpaduan Numbered Heands Together yang diharapkan dapat membantu siswa untuk mengasah cara berpikir mereka terhadap suatu materi aktif dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah 26 siswa tahun ajaran 2013-2014. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar ranah kognitif dan afektif yang diambil dari pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaranMind Mapping perpaduan Numbered Heands Together. Istrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lembar test lembar catatan lapangan pedoman wawancara lembar penilaian afektif siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-D. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 99 72% ke siklus II sebesar 99 95%. Ketuntasan hasil belajar ranah afektif siswa mengalami peningkatandari siklus I sebesar 85% ke siklus II sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Mind Mapping perpaduan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Untuk guru mata pelajaran Ekonomi disarankan bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39202

Actions (login required)

View Item View Item