Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 13 Malang (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII D) / M. Jauhar Febriarditama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 13 Malang (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII D) / M. Jauhar Febriarditama

Febriarditama, M. Jauhar (2013) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 13 Malang (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII D) / M. Jauhar Febriarditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) Pembelajaran cooperative modelTeams Games Tournament (TGT)adalahsuatutipeatau model pembelajaran cooperative yang mudahditerapkan melibatkanaktivitasseluruhsiswasebagaitutuRsebayadanmengandungunsurpermainandan reinforcement .Penelitianinimenjelaskantentang model pembelajaranTeam Games Tournament (TGT) dalam proses pembelajaran. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas yang dilakukanselama 2 siklus. Dan pengumpulan data dalampenelitianinidilakukandengancara tes observasi dokumentasisertawawancara. Berdasarkanpengumpulan data yang dilakukandalampenelitianinidiperolehkesimpulanbahwadengandilakukannya model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) mampumeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS Ekonomi.Padasiklus I hanya 2 siswa yang mengalamiketuntasanbelajarpadasaatpre test dan 41 siswa yang belummengalamiketuntasanbelajar.Namunpadapost test jumlahsiswa yang mengalamiketuntasanbelajarmeningkatmenjadi 31 siswadengan rata-rata nilaisebesar 46 790 mengalamipeningkatanmenjadi 75 767. Padasiklus II siswa yang mengalamiketuntasanbelajarpadasaatpre test sebanyak 5 siswadan 38 siswa yang belummengalamiketuntasanbelajar. Namunpadapost test jumlahsiswa yang mengalamiketuntasanbelajarmeningkatmenjadi 39 siswadengan rata-rata nilaisebesar 60 651 mengalamipeningkatanmenjadi 86 348. Berdasarkanhasilpenelitianinimakadapatdikemukakan saran sebagaiberikut. (1) Bagi guru matapelajaran IPS Ekonomidisarankanuntukmenggunakan model pembelajaran TGT denganmempertimbangkanwaktu persiapan yang maksimal sehinggasiswalebihcepatmengertiaturandalam proses pembelajarandengan model TGT. (2) BagisekolahPenerapanmodel pembelajaranTeams Games Tournament (TGT) dapatdigunakansebagaipertimbangandalammelakukanpengembangandanstrategipembelajaranpadamatapelajaran yang lain sehinggadapatmeningkatkanmutupendidikansiswa di SMP Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item