Prasetyo, Ria Anggella (2013) Pengaruh status sosial ekonomi, literasi ekonomi, dan modernitas siswa terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talun Blitar / Ria Anggella Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci status sosial ekonomi literasi ekonomi modernitas pola konsumsi Di era globalisasi bidang yang sering menjadi saingan antar negara utamanya adalah pada bidang ekonomi yang sering disebut sebagai globalisasi perekonomian. Inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi konsumen akibat globalisasi yang mengarah pada perilaku konsumtif. Tidak terkecuali untuk remaja-remaja di Indonesia yang sudah terkena globalisasi yang cenderung menjadi konsumen konsumtif. Kecenderungan mereka dalam berkonsumsi tidak mempertimbangkan manfaat dan kebutuhannya sehingga mereka berperilaku konsumtif. Menyebarnya media massa akibat modernisasi memberikan informasi-informasi mengenai produk-produk terbaru juga memberi pengaruh terhadap pola konsumsi siswa. Dengan adanya dukungan status sosial ekonomi dari orang tua juga mempengaruhi perilaku konsumsi siswa. Hal tersebut tidak akan terjadi jika mereka mengerti tentang pemahaman dasar ekonomi. Siswa yang paham ekonomi akan lebih selektif dalam hal memenuhi kebutuhannya dan dapat mengatur sumber daya ekonomi keluarga. Adanya faktor-faktor tersebut dapat berdampak pada pola konsumsi siswa. Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi pengaruh status sosial ekonomi literasi ekonomi dan modernitas siswa terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Talun Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini bersifat eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Talun Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 89 siswa. Penelitian ini mengambil semua populasi sebagai sampel (penelitian populasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh langsung status sosial ekonomi (X1) terhadap pola konsumsi (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 266 yang berarti 0 05. (2) pengaruh langsung literasi ekonomi (X2) terhadap pola konsumsi (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 576 yang berarti 0 05. (3) pengaruh langsung modernitas (X3) terhadap pola konsumsi (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti 0 05. (4) pengaruh langsung status sosial ekonomi (X1) literasi ekonomi (X2) modernitas siswa (X3) secara simultan terhadap pola konsumsi siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 yang berarti 0 05 Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) Tidak ada pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap pola konsumsi siswa. (2) Tidak ada pengaruh langsung tingkat literasi ekonomi terhadap pola konsumsi siswa. (3) Ada pengaruh langsung modernitas siswa terhadap pola konsumsi siswa. (4) Ada pengaruh langsung status sosial ekonomi (X1) literasi ekonomi (X2) modernitas siswa (X3) secara simultan terhadap pola konsumsi siswa. Saran yang dapat diajukan yaitu (1) Bagi sekolah menciptakan program yang dapat mendidik siswa lebih rasional dalam berkonsumsi seperti pelatihan mengenai pemanfaatan uang saku yang sesuai dengan kebutuhan dan mensosialisasikan manfaat menabung pada siswa. (2) Bagi guru Guru diharapkan lebih menekankan penyampaian mata pelajaran ekonomi terhadap kehidupan nyata. (3) Bagi siswa Siswa setelah mendapatkan fasilitas dan pembelajaran dari guru diharapkan lebih mengerti tentang tata cara mengkonsumsi yang efektif dan efisien supaya dalam bertindak ekonomi lebih rasional dalam mengambil keputusan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |