Penerapan cooperative learn dengan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pembentukan harga pasar kelas VIIIF SMP Negeri 10 Malang / Dewi Makrifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative learn dengan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pembentukan harga pasar kelas VIIIF SMP Negeri 10 Malang / Dewi Makrifah

Makrifah, Dewi (2013) Penerapan cooperative learn dengan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pembentukan harga pasar kelas VIIIF SMP Negeri 10 Malang / Dewi Makrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Cooperative Learning Metode Teams Games Tournament (TGT) Minat Belajar Hasil Belajar. Cooperative learning merupakan model pembelajaran dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Setiap anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Cooperative learning memiliki beberapa metode pembelajaran yang bervariasi salah satu metode pembelajaran adalah Teams Games Tournament (TGT). Cooperative learning metode teams games tournament (TGT) adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement (penguatan). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan hasil belajar setelah diimplementasikan cooperative learning metode teams games tournament (TGT) pada materi Pembentukan Harga Pasar dikelas VIIIF SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIF. Instrumen penelitian pada minat belajar siswa berupa angket minat belajar sedangkan pada hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang digunakan untuk pra tes dan post tes. Teknik analis data minat dan hasil belajar dimulai dengan lembar pengelolaan pembelajaran oleh guru dan angket tanggapan siswa terhadap metode teams games tournament (TGT). Berdasarkan hasil analisis diperoleh perbedaan minat dan hasil belajar siswa sebelum penerapan dan setelah penerapan TGT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata setelah penerapan TGT lebih baik dari sebelum penerapan TGT. Jadi dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning metode teams games tournament (TGT) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa. Disarankan bagi sekolah agar menganjurkan kepada guru-guru untuk menerapkan cooperative learning metode teams games tournament (TGT) dalam proses pembelajaran ketika menemukan permasalahan tentang minat dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel seperti retensi siswa keaktifan siswa atau motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39196

Actions (login required)

View Item View Item